DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 15:44 WIB

Didakwa Hina Presiden dan Kapolri, Ringgo Dituntut 2 Tahun Penjara

Jefris Santama - detikNews
Didakwa Hina Presiden dan Kapolri, Ringgo Dituntut 2 Tahun Penjara
Medan - Farhan Balatif (18) alias Ringgo dituntut 2 tahun penjara. Ia didakwa menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Meminta agar majelis hakim yang memeriksa perkara ini menghukum terdakwa Farhan Balatif dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda Rp 10 juta subsidair 3 bulan kurungan," kata JPU Raskita di PN Medan, Rabu (3/1/2018).

Majelis hakim itu dipimpin Wahyu Wibowo. Jaksa menyebut, terdakwa dianggap telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 45 Ayat (3) UU ITE. Setelah mendengarkan tuntutan, persidangan kemudian dilanjutkan pada 10 Januari 2017 mendatang dengan agenda pembelaan.

Seperti diketahui, kasus ini diungkap pihak kepolisian pada Agustus 2017 lalu. Ringgo menghina Presiden dan Kapolri melalui media sosial.

Dalam pemeriksaan polisi, Ringgo dikenal pintar. Dia belajar melalui internet dan dapat menguasai bahasa Inggris serta Prancis. Dia belajar dua bahasa itu secara autodidak di internet.

Dalam kasus ini, Farhan melakukan ujaran kebencian itu karena merasa tidak puas terhadap kinerja pemerintah. Kemudian, dia men-share ke Facebook dengan akun palsu dan menggunakan Wi-Fi punya orang dengan cara ilegal.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed