DetikNews
Jumat 29 Desember 2017, 23:13 WIB

Pilgub Jabar 2018

PAN Belum Tentu Usung Sudrajat-Syaikhu di Pilgub Jabar

Tsarina Maharani - detikNews
PAN Belum Tentu Usung Sudrajat-Syaikhu di Pilgub Jabar Foto: Ari Saputra
Jakarta - Koalisi PKS-Gerindra-PAN resmi mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu di Pilgub Jawa Barat 2018. Namun, pernyataan berbeda disampaikan Waketum PAN Hanafi Rais yang menyebut belum ada sikap final partainya terkait Pilgub Jabar 2018.

"Dalam perkembangan sampai sekarang, memang yang diputuskan setelah wadah ini, jadi itu isu keberpihakannya apa. Jadi, kita belum bicara nama secara pasti, masih berkembang ya. Deddy Mizwar itu masih masuk dalam radar," ucap Hanafi di Diskusi Kopi & Ruang Berbagi, Jl Halimun Raya, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017).


Hanafi mengatakan partainya masih terus memantau nama-nama potensial yang dapat diusung di Pilgub Jabar 2018. PAN, kata Hanafi, ingin calon yang diusung mereka benar-benar memiliki agenda politik yang jelas.

"Nama-nama yang masuk dalam bursa ini sementara masih kita amati. Tapi wadahnya ini kan kita upayakan bertiga ini kompak untuk 5 Pilgub itu. Yang kedua, isu keberpihakannya harus jelas dulu sehingga kita harus menghindari kesan kalau Pilkada ini cuma sekadar namanya siapa dan jumlah kursinya berapa," ucap Hanafi.

"Kalau sudah ada calon, itu berarti agenda politiknya sudah jelas, karena, belajar dari Pilgub DKI itu, kalau wadahnya jelas dan agenda perjuangannya jelas, tentu akan lebih mudah menentukan potensi kemenangan itu," imbuhnya.

Putra Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais itu menegaskan partainya masih melirik Deddy Mizwar untuk diusung di Pilgub Jawa Barat 2018. Dia juga menyebut partai berlambang matahari putih itu masih ingin memajukan kadernya sebagai bakal cawagub.

"Dari internal PAN ada Desy Ratnasari yang mungkin akan ditawarkan jadi cawagub, misalnya," ujarnya.

Meski demikian, Hanafi mengakui pasangan Sudrajat-Syaikhu, yang telah dideklarasikan Gerindra dan PKS, juga PAN berdasarkan klaim Presiden PKS Sohibul Iman, turut diperhitungkan. Hanafi mengatakan PAN akan mengumumkan keputusan mereka soal Pilgub Jabar pada Januari 2018 mendatang.

"Tetapi pada saatnya nanti, awal Januari, akan diumumkan pasti paketnya karena terakhir pendaftaran pada awal Januari itu. Nama yang muncul memang dalam pembahasan adalah Deddy Mizwar, Pak Sudrajat, Pak Syaikhu, dan dari PAN ada Desy Ratnasari. Jadi kira-kira untuk Jabar untuk nama yang dibahas empat itu," tuturnya.
(gbr/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed