DetikNews
Sabtu 23 Desember 2017, 13:43 WIB

Gunung Agung Kembali Erupsi, Sempat Semburkan Asap 2,5 Km

Andhika Prasetia - detikNews
Gunung Agung Kembali Erupsi, Sempat Semburkan Asap 2,5 Km Aktivitas di Gunung Agung Bali, 23 Desember 2017 (Foto: dok. PVMBG)
Jakarta - Gunung Agung di Bali kembali mengeluarkan aktivitas vulkaniknya. Saat erupsi, Gunung Agung sempat mengeluarkan asap vulkanik setinggi 2.500 meter.

"Tadi pukul 11.57 Wita Gunung Agung kembali mengalami erupsi kecil dan sesaat. Tinggi erupsi 2.500 meter. Tidak ada dampaknya," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2017).

Akibatnya, sempat terjadi hujan abu di sekitar lokasi. Sutopo mengatakan aktivitas di bandara tetap kondusif.


[Gambas:Video 20detik]


"Hujan abu ada di sekitar puncak Gunung Agung. Pengungsi tetap berjumlah lebih dari 71 ribu jiwa. Bandara normal, tidak ada pengaruhnya erupsi tadi dengan bandara dan masyarakat. Bali tetap aman," kata Sutopo.

BNPB menunjukkan data yang diperoleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menyebut status gunung awas. Warga diimbau tak mendekati radius 8 kilometer dari kawah Gunung Agung.

"Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya, yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 kilometer dari kawah Gunung Agung," ujar Sutopo.
(dkp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed