DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 18:43 WIB

8,5 Jam Diperiksa KPK, Rheza Herwindo Putra Novanto Hanya Senyum

Nur Indah Fatmawati - detikNews
8,5 Jam Diperiksa KPK, Rheza Herwindo Putra Novanto Hanya Senyum Rheza Herwindo (Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Anak sulung Setya Novanto, Rheza Herwindo, selesai menjalani pemeriksaan oleh KPK terkait dugaan korupsi proyek e-KTP. Seusai pemeriksaan 8,5 jam, dia hanya menunduk dan menebar senyuman.

Rheza menyelesaikan pemeriksaan pada pukul 18.12 WIB. Dia keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, didampingi ajudan lelaki berpakaian batik.

Penampilan Rheza agak berubah dari pagi ketika baru tiba di KPK. Kemeja putihnya kini terbalut sweater abu-abu gelap. Dia juga mengenakan kacamata.

Rheza hanya menunduk ketika ditanya soal pemeriksaannya. Dia juga tidak menjawab terkait pertemuan dengan Novanto, ayahnya, yang sempat dipeluknya tadi ketika berjumpa.


Dia berjalan lurus menuju mobil yang terparkir di lobi depan KPK. Saat mendekati mobil Toyota Innova Venturer berpelat B-114-ELS, dia sempat membenahi kacamata. Anak sulung Novanto ini kemudian meninggalkan KPK.

Sebelumnya, Novanto telah selesai menjalani pemeriksaan. Keduanya disebut Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha diperiksa untuk tersangka mantan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

[Gambas:Video 20detik]


Dalam surat dakwaan Novanto yang dibacakan Rabu (13/12), Rheza dan istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, disebut membeli saham perusahaan yang merupakan holding PT Murakabi Sejahtera, yang ikut dalam konsorsium proyek e-KTP.

PT Murakabi Sejahtera tergabung dalam Konsorsium Murakabi, yang difungsikan sebagai perusahaan pendamping yang telah diatur. Konsorsium Murakabi terdiri atas PT Murakabi Sejahtera, PT Aria Multi Graphia, PT Stacopa Raya, dan PT Sisindocom Lintasbuana.


Menurut jaksa, PT Murakabi Sejahtera merupakan perusahaan yang dikendalikan Novanto melalui keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, serta istri dan anaknya.

Terkait proses penyidikan dugaan korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun ini, KPK juga sudah memblokir rekening keluarga Novanto, yakni Deisti, Rheza, serta Dwina Michaella.
(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed