DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 14:49 WIB

KPU Sulsel Ajak Generasi Milenial Sosialisasi Pemilu Lewat Film

Reinhard Soplantila - detikNews
KPU Sulsel Ajak Generasi Milenial Sosialisasi Pemilu Lewat Film Foto: Reinhard Soplantila/detikcom
Makassar - Pilkada Serentak 2018 semakin gencar disosialisasikan. Hal inilah yang dilakukan oleh KPU Sulsel, mengajak puluhan mahasiswa membuat karya sinematografi, untuk diviralkan di jagat media sosial (medsos).

Bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel, KPU Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan film pendek, ke puluhan mahasiswa dari berbagi Universitas di Makassar, di Kampus Unifa, Jalan Abdurrahman Basalamah, Makassar, pada Sabtu (16/12/2017) Siang.

Komisioner KPU Sulsel Faisal Amir mengatakan, warga internet (warganet) di Indonesia sangatlah besar, lebih dari 50 persen penduduk Indonesia. Dan sebagian besar didominasi oleh mahasiswa.
KPU Sulsel Ajak Generasi Milenial Sosialisasi Pemilu Lewat FilmFoto: Reinhard Soplantila/detikcom

"Warga internet pada umumnya berasal dari kalangan pemuda. Di indonesia jumlah warganet sebesar 132 juta, dari total 200 juta jumlah penduduk. Di data kami, pemilih pemuda mencapai 20 persen di Pilkada 2018," Kata Faisal Amir.

Mahasiswa juga dianggap sebagai motor penggerak yang mampu mempengaruhi rekan sebayanya, untuk terlibat dan ikut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah nanti. Melalui Sosialisasi tersebut, diharapkan para mahasiswa mampu menghasilkan karya film berdurasi pendek, mengajak warganet untuk memilih, yang diviralkan di medsos.

"Mari buat film terkait pentingnya KTP elektronik di pilkada, atau memastikan warga paham statusnya sebagai pemilih, kita sebar di media sosial. Itu baru anak muda zaman now," kata Faisal.

Melanjutkan penjelasannya, Komisioner KPU Sulsel itu mengaku di pilkada Sulawesi Selatan 2018, mereka menargetkan sebanyak 78 persen jumlah pemilih.

"Semakin sadar orang memilih, semakin berkualitas pemimpin kita. Negara yang tangguh lahir dari pemimpin yang hebat. Makanya kami patok target sebesar 78 persen pemilih di pilkada nanti, " ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Pengda Sulsel, Hudzaifah Kadir mengatakan, mereka berharap karya jurnalistik dari mahasiswa tersebut mampu menjadi energi besar di jagat media sosial.
KPU Sulsel Ajak Generasi Milenial Sosialisasi Pemilu Lewat FilmFoto: Reinhard Soplantila/detikcom

"Setelah mampu membuat film pendek, semoga mahasiswa mampu meledakkan karyanya di media sosial, tidak hanya viral saja," jelas Uceng, sapaan akrabnya.

Pilkada serentak di Indonesia akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018. Sementara di Sulawesi Selatan, terdapat 12 kabupaten/kota dan satu provinsi akan menggelar pemilihan kepala daerah tersebut.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed