DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 11:25 WIB

Megawati Singgung Istilah Ketahanan Pangan di Depan Mentan

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Megawati Singgung Istilah Ketahanan Pangan di Depan Mentan Foto: Nur Indah/detikcom
Tangerang - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bicara soal pangan dalam acara Rakornas 3 Pilar PDIP. Dalam pidatonya, Megawati menyinggung Menteri Pertanian Amran Sulaiman, yang hadir dalam acara tersebut.

Megawati mengatakan sering kali istilah pangan disebut dengan 'Ketahanan Pangan'. Megawati tak setuju dengan hal itu.

"Mengenai sebutan sering kali masih banyak orang bicara mengenai pangan. Di sini ada Menteri Pertanian, disebutnya, kita harus selalu mempertahankan pangan kita. Dari sisi kami, kami tidak setuju hal itu," kata Megawati di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Megawati, yang benar adalah kedaulatan pangan, bukan ketahanan pangan. Menurut dia, kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda.

"Apa bedanya? Yang penting dalam pembangunan berdikari terkait kedaulatan pangan, tidak sama dengan ketahanan pangan. Ketahanan pangan hanya berorientasi ketersediaan pangan, tanpa peduli asal-muasalnya, misalnya impor dan tanpa peduli nasib petani," kata Megawati.

Dia juga menyebut tercapainya kedaulatan pangan adalah bicara soal keberlangsungan hidup suatu bangsa. "Kedaulatan atas air, tanah, dan energi, hingga bagaimana pangan didistribusikan kepada rakyat dengan murah dan cepat," jelasnya.
(jor/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed