DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 18:29 WIB

Cerita Dubes Maftuh Abadikan Momen Jokowi Bela Palestina di KTT OKI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Cerita Dubes Maftuh Abadikan Momen Jokowi Bela Palestina di KTT OKI Presiden Jokowi ketika membela Palestina di KTT Luar Biasa OKI (Foto: dok Facebook Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan 6 poin untuk membela Palestina dalam KTT Luar Biasa OKI di Istanbul, Turki. Pertemuan itu dilakukan di Istanbul Convention and Exhibition Center (ICEC) dengan penjagaan yang ketat.

"Semua media--termasuk Pers Istana--tidak diperkenankan masuk dalam ruangan 'Bunker' yang sangat steril tersebut," kata Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel melalui akun Facebook miliknya pada Jumat (15/12/2017).

Cerita Dubes Maftuh Abadikan Momen Jokowi Bela Palestina di KTT OKIDubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel ketika mengabadikan momen Presiden Jokowi membela Palestina di KTT Luar Biasa OKI (Foto: Facebook Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel)

KTT OKI tersebut berlangsung pada Rabu (13/12) yang dihadiri oleh 57 negara. detikcom yang berkesempatan meliput pertemuan itu pun tak bisa masuk ke ruangan.

Bahkan, kata Maftuh, media resmi dari Istana Kepresidenan RI pun tak bisa berada di ruangan tersebut. Maftuh yang juga Wakil Tetap RI untuk OKI kemudian terpikir untuk mengabadikan momen bersejarah itu.

"Untuk mengambil gambar maka saya harus melakukan 'Bid'ah Summit' artinya sebagai delegasi resmi harus melakukan operasi 'tak biasa dan kurang ajar' untuk bergeser dari kursi delegasi menyelinap untuk mengambil gambar dengan lensa tele 55-250 mm dari jauh," ungkap dia dalam keterangannya itu.

Cerita Dubes Maftuh Abadikan Momen Jokowi Bela Palestina di KTT OKIPresiden Jokowi ketika membela Palestina di KTT Luar Biasa OKI (Foto: dok Facebook Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel)

Maftuh juga membagikan pidato Presiden Jokowi dalam bahasa Inggris lewat akun Facebook-nya itu. "Presiden Jokowi menegaskan keistiqomahan Indonesia dalam membela Palestina," kata Maftuh.

Dia kemudian mengatakan kepada detikcom bahwa gambar yang dia ambil itu eksklusif. Dia terkesan dengan sikap tegas Jokowi dalam pernyataannya di KTT OKI.

"Suara Pak Jokowi sangat lantang," ungkapnya saat berbincang dengan detikcom.



(bpn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed