DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 13:21 WIB

Via Jalur Tikus, Penyelundupan Kain dari Singapura Dibekuk di Kepri

Agus Siswanto - detikNews
Via Jalur Tikus, Penyelundupan Kain dari Singapura Dibekuk di Kepri
Batam - Polresta Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) membekuk kapal GT-80 ton tanpa nama yang memuat pakaian bekas dari Singapura menuju perairan Kepri. Dua ABK kapal diamankan polisi.

Menurut Kasatreskrim Polresta Tanjung Balai Karimun, AKP Lulik Febyantara pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bila ada kapal sarat muatan yang bersandar di Pulau Nipah Kabupaten Karimun. Kemudian tim menyisir ke Pulau Nipah dan mendapati sebuah Kapal dalam posisi kandas karena surutnya air laut.

"Saat di lokasi di perairan Pulau Nipah mendapati kapal bermuatan pakaian bekas sebanyak 600 karung berukuran besar yang berasal dari Negara Singapura," kata Lulik pada detikcom, Kamis (14/12/2017).

Dalam waktu singkat aparat langsung melakukan pemeriksaan terhadap muatan kapal yang memuat pakaian. Selain itu polisi juga mengamankan 2 orang ABK kapal berinisial TN dan UN. Hasil pemeriksaan dan penyelidikan, kapal tersebut tidak memiliki dokumen pelayaran dan tidak memiliki surat apapun terkait muatan yang diangkut dari Singapura.

"Dokumen kapal dan surat apapun untuk muatan tidak ada sama sekali dikantongi nakhoda saat melakukan pelayaran dari luar negeri ke perairan Indonesia," jelas Lulik.

Saat ini kapal belum dapat bergerak untuk ditarik ke dermaga Polairud Polresta Tanjung Balai Karimun karena air laut belum pasang. Belasan polisi bersenjata lengkap mengamankan kapal itu.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed