Kampanye Antikekerasan pada Wanita, Borobudur 'Berubah' Jadi Oranye

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 09 Des 2017 23:37 WIB
Foto: dok. PT Taman Wisata Candi (TWC)
Jakarta - Nuansa oranye terlihat di bangunan Candi Borobudur malam hari ini, sejak pukul 18.00 WIB. Pemandangan itu akan terlihat hingga pukul 24.00 WIB.

Ternyata pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) sengaja menerangi bangunan candi dengan lampu berwarna oranye untuk melambangkan partisipasi mendukung penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

"Ini merupakan tahun kedua kami ikut berpartisipasi dalam rangka mendukung Hari Antikekerasan terhadap Perempuan dari UN Women ini," kata General Manager TWC, Chrisnamurti Adiningrum, dalam siaran pers PT TWC yang diterima detikcom, Sabtu (9/12/2017).
Kampanye Antikekerasan pada Wanita, Borobudur 'Berubah' Jadi OranyeFoto: dok. PT Taman Wisata Candi (TWC)
"Dukungan kami terhadap kegiatan Orange The World ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan untuk ikut bersama menyuarakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan," sambung dia.

UN Women merupakan salah satu badan di PBB yang fokus mengurusi isu-isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. UN Women mendorong kemajuan persamaan hak-hak perempuan dan memastikan kesetraan gender diberlakukan di seluruh dunia.

"UN Women memberikan apresiasi kepada pengelola Candi Borobudur atas dukungan terhadap kampanye ini. Kami percaya bahwa setiap orang berhak untuk hidup bebas dari kekerasan dan ancaman kekerasan. UN Women menyerukan agar seluruh masyarakat bergabung untuk menghentikannya," ujar Programme Specialist UN Women Indonesia, Lily Puspasari.
Kampanye Antikekerasan pada Wanita, Borobudur 'Berubah' Jadi OranyeFoto: dok. PT Taman Wisata Candi (TWC)
Selama 16 hari, berbagai bangunan ikonik di berbagai belahan dunia diterangi lampu warna orange untuk menunjukan dukungan mereka terhadap kampanye UN Women ini. Kampanye ini berlangsung pertanggal 25 November sampai 10 Desember.

Lily menjelaskan warna orange melambangkan optimisme yang disimbolkan sebagai masa depan cerah bagi perempuan dan anak perempuan. Masa depan yang dimaksud adalah bebas dari kekerasan. (aud/nkn)