DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 18:35 WIB

Pilkada Lebak 2018

Dianggap Tak Penuhi Syarat, Bakal Cabup Lebak Lapor ke Panwaslu

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Dianggap Tak Penuhi Syarat, Bakal Cabup Lebak Lapor ke Panwaslu Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Lebak - Calon tunggal Pilbup Lebak 2018, Cecep Sumarno-Didin Safruddin, dianggap tak memenuhi syarat pendaftaran ke KPU. Cecep dan Didin melapor ke Panwaslu Lebak.

Ketua Panwaslu Lebak Ade Jurkoni mengatakan Cecep-Didin mendaftar ke KPU pada Rabu (29/11/2017) dengan mencantumkan dukungan 71 ribu KTP dan sudah memenuhi syarat minimal, yaitu 70.233 KTP, yang ditentukan KPUD Lebak. Namun, saat verifikasi, KPUD Lebak hanya menemukan 43 ribu lembar KTP.

"Nah, atas dasar itu, KPU menentukan tidak memenuhi syarat karena data Silon (Sistem Informasi Pencalonan) dan hard copy berbeda. Maka dibuatkan berita acara dan keputusannya tidak memenuhi syarat," ujar Ade saat dihubungi, Kamis (7/12).

Laporan tersebut diterima panwaslu dan dilakukan sidang pada Kamis (7/12) pukul 13.00 WIB. Pokok perkara akan dibacakan oleh Cecep-Didin pada Sabtu (9/12). Panwaslu akan memutuskan selama 12 hari saat Cecep-Didin mengajukan laporan.

"Apabila ada kemufakatan, dituangkan di BAP, kalau tidak, maka langsung ke pembuktian dan setelah itu kesimpulan," katanya.

Dimintai konfirmasi terpisah, Komisioner KPUD Lebak Ace Sumirsa Ali mengaku tidak bisa memberikan keterangan. Perkara calon perseorangan di Pilkada Lebak ini, menurutnya, sudah ditangani pihak Panwaslu.

"Ini kan sudah dihitung kurang dari 70 ribu lembar. Kemudian mengajukan permohonan ke Panwaslu. Kita dalam posisi sudah sepakat KPU dilarang komentar dulu," jelas Ace.
(bri/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed