DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 18:29 WIB

Jelang Asian Games, Polisi Siagakan Pengamanan di 3 Kota

Seysha Desnikia - detikNews
Jelang Asian Games, Polisi Siagakan Pengamanan di 3 Kota Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Pengamanan menjelang Asian Games 2018 sudah disiapkan polisi. Pengamanan tersebut akan dilakukan di 3 kota, yaitu Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

"(Pengaman) Asian Games itu sudah disiapkan satuan tugas tersendiri yang akan melakukan itu. Itu dipimpin Asops (Asisten Operasi) kalau nggak salah. Ada 3 daerah, Palembang, Jakarta, dan Jawa Barat," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

Setyo menjelaskan pengamanan akan disebar ke beberapa tempat yang menjadi fokus Asian Games. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi tindak kriminal hingga ancaman terorisme.

"Pengamanan di venue, tempat acara, tempat menginap atlet, lalu lintas, dan pengamanan daerah-daerah yang akan dikunjungi atlet maupun suporter, maupun yang terlibat dalam acara tersebut," jelas Setyo.

"Ancaman ringan tapi menjengkelkan ya seperti pencopetan, ngutil, atau mengganggu lalu lintas. Skala besar ya kayak bom itu, terorisme, kita tetap antisipasi," imbuhnya.

Setyo mengatakan Asian Games ini berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara. Karena itu, ia mengimbau masyarakat di sekitar lokasi diselenggarakannya Asian Games menjadi tuan rumah yang baik.

"Dengan kunjungan ini kan wisatawan, suporter atau pendukung ini kan datang juga ke Indonesia. Makanya saya mengimbau untuk masyarakat Jakarta, Jawa Barat, Palembang yang kebetulan jadi venue, jadilah tuan rumah yang baik," papar Setyo.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed