DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 14:06 WIB

Februari 2018, Kemenhub Beri Sanksi Taksi Online Pelanggar Aturan

Haris Fadhil - detikNews
Februari 2018, Kemenhub Beri Sanksi Taksi Online Pelanggar Aturan Foto: Putri Akmal
Jakarta - Kementerian Perhubungan akan memberi sanksi kepada para pengemudi taksi online yang tidak mematuhi Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 mulai Februari 2018. Sanksi tersebut diberikan karena toleransi waktu penyesuaian selama tiga bulan sudah selesai.

"Bulan Februari (2018) nanti, kami akan lakukan penindakan kepada para pengemudi taksi online yang tidak memenuhi syarat seperti yang kami tetapkan pada PM 108," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Hotel Ritz-Carlton, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2017).

Budi menyatakan sanksi yang diberikan berupa teguran selama minggu pertama dan kedua Februari 2018. Namun, pada pekan berikutnya sanksi yang diberikan adalah tilang oleh pihak kepolisian.

"Sanksinya sudah kami sepakati kemarin, saya tidak akan lakukan tindakan keras. Saya akan berikan teguran dulu kepada semua pengemudi selama dua minggu. Namun, dua minggu ke atas akan tindakan tegas, diberikan tilang. Tapi itu yang melakukan teman-teman dari Kepolisian," ujarnya.


Selain soal sanksi bagi pengemudi, Budi juga terus mendesak pemerintah daerah agar segera membuat aturan mengenai kuota taksi online. Nantinya, jumlah taksi online yang beroperasi akan disesuaikan dengan sejumlah indikator seperti jumlah penduduk, pergerakan masyarakat hingga luas wilayah operasi.

Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan mengeluarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 yang merupakan hasil revisi dari PM 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Dalam aturan ini ada 9 poin yang ditekankan seperti argometer, tarif, wilayah operasi, kuota/perencanaan kebutuhan, persyaratan minimal 5 kendaraan, bukti kepemilikan kendaraan bermotor, domisili tanda nomor kendaraan bermotor, sertifikat registrasi uji tipe (SRUT), dan peran aplikator.
(HSF/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed