DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 12:05 WIB

Kursi Angkot Hadap Depan Belum Bisa Diterapkan Tahun 2018

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kursi Angkot Hadap Depan Belum Bisa Diterapkan Tahun 2018 Kadishub DKI Andri Yansah (Foto: Marlina Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Andri Yansah menyebut wacana kursi angkot menghadap ke depan atau forward facing belum bisa diterapkan pada tahun 2018. Sebab, saat ini belum ada aturan yang menjadi landasan hukum penerapan wacana tersebut.

"Belum kalau untuk angkot belum (2018). Lagi pula belum ada ini, apa, belum ada dasar hukumnya. Yang baru ada dasar hukumnya baru AC nya," kata Andri, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).




Kendati demikian, menurut Andri tidak menutup kemungkinan forward facing akan diterapkan di Jakarta, meski tanpa landasan hukum. Hal itu, kata dia, bergantung pada keinginan penumpang angkutan umum di Jakarta.

"Kalau seumpama misalnya dia (penumpang) lebih aman, lebih nyaman, lebih oke, dan dia lebih enak lah gitu. Kenapa nggak bisa? Bisa," kata Andri.

Selain belum adanya landasan hukum, Andri menjelaskan, wacana forward facing ini masih butuh kajian yang lebih dalam. Kajian tersebut untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan penerapan forward facing itu.

"Kalau diterapkan ini ya kelemahan kelebihannya seperti ini. Kalau diterapkan seperti ini kelemahan kelebihannya seperti ini. Tinggal nanti pak gubernur yang memutuskan," ujarnya.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed