DetikNews
Sabtu 02 Desember 2017, 01:37 WIB

Ketua MPR: Anggaran Jawa-Luar Jawa Timpang, Di Mana Pancasila-nya?

Danu Damarjati - detikNews
Ketua MPR: Anggaran Jawa-Luar Jawa Timpang, Di Mana Pancasila-nya? Ketua MPR Zulkifli Hasan (Dok MPR RI)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyoroti soal keadilan sosial dalam hal kebijakan anggaran di Indonesia. Keadilan sosial adalah salah satu sila dalam Pancasila yang harus terwujud.

"Pancasila itu bagaimana mewujukan keadilan sosial untuk mereka yang lemah dan tidak berdaya. Bukan untuk memisah misahkan persaudaraan antar kita," kata Zulkifli Hasan.

Dia berbicara saat menghadiri Jambore Relawan Muhammadiyah se-Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, sebagaimana tertulis dalam keterangan pers, Jumat (1/12/2017).

Pancasila juga harus dipahami secara keseluruhan, tak terkecuali sila ke-5, 'Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia'. Aspek keadilan sosial juga menjadi tantangan nyata Indonesia kini. Masalah riilnya adalah kemiskinan.

"Kemiskinan, kesenjangan inilah masalah riil yang dihadapi masyarakat. Bukan saya Pancasila dan kamu bukan Pancasila," tegas Zulkifli.

Indikator ketidakadilan lainnya adalah anggaran Jawa - Luar Jawa yang tidak seimbang. "Ketika kita di Jakarta menikmati LRT, MRT dan Transjakarta, Saudara kita di Papua, Maluku masih buang air besar di tanah. Dimana Pancasilanya?" ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli mengapresiasi relawan Muhammadiyah yang siap membantu korban bencana alam. Relawan Muhammadiyah juga membantu pemerintah menanggulangi akibat bencana alam seperti banjir, longsor, dan gunung meletus.

"Mari di atas semua perbedaan kita saling bantu menghadapi musibah dan bencana ini," kata Zulkiflli.



(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed