DetikNews
Kamis 30 November 2017, 12:08 WIB

Siklon Tropis Dahlia, Waspadai Hujan Deras Hingga Angin Kencang

Herianto Batubara - detikNews
Siklon Tropis Dahlia, Waspadai Hujan Deras Hingga Angin Kencang Ilustrasi hujan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai siklon tropis Dahlia. Sejumlah wilayah, termasuk DKI Jakarta diperkirakan akan hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Informasi tersebut disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam keterangannya, Kamis (30/11/2017). Per pukul 07.00 WIB tadi, siklon tropis Dahlia berada di perairan Samudera Hindia, tepatnya 475 km wilayah barat daya Jakarta.

Siklon tropis Dahlia saat ini dengan kecepatan angin maksimum mencapai 65 km/jam, bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan gerak 13 km/jam.


Diperkirakan dalam 24 jam ke depan atau Jumat (1/12) pukul 07.00 WIB posisi siklon tropis Dahlia ini berada di Samudera Hindia, 555 km sebelah selatan tenggara Jakarta dengan kecepatan angin maksimum 95 km/jam dan bergerak ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Dampak siklon tropis Dahlia ini menurut BMKG harus diwaspadai di sejumlah wilayah. Antara lain, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta serta wilayah Jawa Barat.


Diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian selatan. Angin kencang di atas 20 km/jam diperkirakan terjadi di wilayah tersebut.
(hri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed