detikNews
Minggu 26 November 2017, 17:48 WIB

Pesta Bobby-Kahiyang Usai, Ini Kesan Para Relawan

Danu Damarjati - detikNews
Pesta Bobby-Kahiyang Usai, Ini Kesan Para Relawan Relawan Jokowi usai resepsi (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Medan - Para relawan Jokowi berjubel menghadiri pesta pernikahan paling disorot di Indonesia, yakni pernikahan Kahiyang Ayu sang putri Presiden Jokowi dengan Bobby Nasution. Kini pesta usai dan relawan pulang membawa kesan.

Terpantau di tenda relawan di Kompleks Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Medan, Minggu (26/11/2017) pukul 17.00 WIB, para relawan mulai melangkah pulang.

Mereka berdandan dengan macam-macam busana daerah. Sebagian dari mereka bahkan sudah datang sejak pagi hari mengikuti kirab dari Medan International Convention Center (MICC), 2,6 km dari sini, naik becak bermotor.

"Saya asli Medan, tapi pakai busana Dayak," kata Desi dari Gerakan Relawan Jokowi (GRJ) sambil melangkah meninggalkan tenda besar untuk relawan.

Pesta Bobby-Kahiyang Usai, Ini Kesan Para RelawanFoto: Danu Damarjati/detikcom
Dia agak kecewa karena tujuannya ikut acara ini adalah bertatap muka dengan Jokowi. Dia sempat mendengar Jokowi akan menyambangi tenda relawan ini, namun ternyata tidak jadi. Akan tetapi kekecewaan itu tak lebih besar dari rasa suka citanya.

"Kita nggak terlalu kecewa lah. Kita bisa masuk sini saja sudah bangga. Banyak sekali orang yang nggak bisa masuk mendekat area ini," kata Desi sambil menunjuk gerbang perumahan Bobby tinggal, yang menjadi lokasi resepsi.

Para relawan memang disediakan tempat di titik ini, dekat dengan pintu gerbang kompleks rumah Bobby. Area ini dijaga para aparat saat acara berlangsung.

Pesta Bobby-Kahiyang Usai, Ini Kesan Para RelawanArta (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Arta (22) dari Duta Joko Widodo juga kecewa karena tidak bisa ketemu Jokowi. "Udah dandan ke sini jam empat pagi," katanya sambil tersenyum.

"Tapi puas. Mungkin kalau nggak ada Kahiyang-Bobby nanti nggak bisa bertemu etnis-etnis lain di Medan," kata Arti.

Memang banyak sekali keragaman identitas tamu di sini. Mulai dari Jawa, India, Batak Mandailing, Karo, hingga Toba seperti Arta.

Pesta Bobby-Kahiyang Usai, Ini Kesan Para RelawanAhmad Effendi (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Ada Ahmad Effendi Siregar (55), relawan dan juga pegiat dakwah di Medan. Dia berharap ada efek positif untuk Medan melalui acara besar ini.

"Harapannya semoga pembangunan di Sumatera Utara dapat berkembang lebig baik. Semoga juga, antar-etnis dan antar-agama di Sumatera Utara bisa terus rukun dan damai," kata Ahmad.


(dnu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com