DetikNews
Minggu 19 November 2017, 12:11 WIB

Dana RT RW Naik, Anies: Jangan Berpandangan Negatif

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Dana RT RW Naik, Anies: Jangan Berpandangan Negatif Anies Baswedan/Foto: Dwi Andayani-detikcom
Jakarta - DPRD DKI Jakarta menaikkan dana operasional bagi RT dan RW di Jakarta mulai tahun 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan jangan berpandangan negatif pada RT dan RW atas kenaikan itu.

"Ya nanti dibuatkan (pertanggung jawabannya). Janganlah berpandangan negatif pada ketua RW atau RT," kata Anies di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).



Anies menyebut sebagai pekerja sosial, pengeluaran para RT dan RW tergolong sangat besar. Ia menuturkan dengan adanya kenaikan itu masyarakat jangan lantas menaruh rasa curiga.

"Tapi hormati ketua RT atau RW sebagai orang-orang yang menjaga ikatan sosial kita. Di satu sisi kita harus tertib administrasi, di sisi lain juga jangan menjaga kecurigaan," ujarnya.

Diketahui dana operasional RT/RW sendiri rencananya akan naik sebesar Rp 500.000 pada 2018. Dana operasional RT nantinya akan menjadi Rp 2 juta, sedangkan RW dari Rp 2 juta jadi Rp 2,5 juta.

Saat ditanya bagaimana pertanggungjawaban penggunaan dana operasional RT/RW tersebut nantinya, Bambang menjelaskan skema pemberian dana operasional seperti ini juga dilakukan terhadap Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK). Pengawasan penggunaan dana dilakukan oleh warga setempat.

"RT/RW punya anggota dan ada masyarakat bisa teriak. Sebenarnya susunan bangunan ini tim pengawas seluruh masyarakat," katanya.
(yas/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed