DetikNews
Jumat 17 November 2017, 21:15 WIB

Polri Latih Polisi Papua Nugini untuk Penyelenggaraan KTT APEC 2018

Mei Amelia R - detikNews
Polri Latih Polisi Papua Nugini untuk Penyelenggaraan KTT APEC 2018 Pelatihan personel polisi Papua Nugini oleh Polri. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Polri memberikan dukungan terhadap Papua Nugini yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC 2018. Dukungan itu dalam bentuk memberikan pelatihan terhadap personel Papua New Guinea (PNG) Police Constabulary dalam upaya pengamanan sidang internasional.

"Personel yang dilatih oleh anggota Polri adalah personel yang diproyeksikan untuk menjadi pengawal para tamu VVIP selama pelaksanaan KTT APEC 2018," kata Kepala Divisi Hubungan Internasional Irjen HS Maltha kepada detikcom, Jumat (17/11/2017).

Ada 60 personel Polri yang dikirim ke Papua Nugini. Mereka memberikan materi pelatihan sejak 11 November hingga 2 Desember 2017 yang dipimpin oleh Kombes Pol A Kartiko, AKBP Surya Saputra, AKBP John Huntal Sitanggang, AKBP Eka Syarif dan Kompol Aditya Sembiring.

Adapun materi yang diberikan di antaranya pelatihan penggunaan small arm dalam rangka meningkatkan kapasitas personel polisi Papua Nugini untuk menghadapi KTT APEC 2018 yang akan diselenggarakan di Port Moresby.

Personel polisi Papua Nugini juga diberikan materi awal tentang aturan dasar-dasar penggunaan senjata api sesuai dengan HAM hingga teknik penggunaan senpi dan aplikasinya di lapangan.

Lokasi latihan dilaksanakan di markas SSD (Special Security Division) Mc Gregor, Port Moresby. "Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen nyata Polri untuk mendukung pelaksanaan APEC 2018 dan meningkatkan kerjasama kawasan dalam pemberantasan kejahatan," tambah Maltha.

Selain itu, polisi Papua Nugini diberikan pengetahuanmeliputi prinsip-prinsip dasar penggunaan kekerasan dan senjata api sesuai standar PBB, pengenalan senjata yang akan digunakan selama penyelenggaraan KTT, menembak dasar, intermediate, advance, serta kemampuan taktik dan teknik yang aplikatif untuk mendukung pelaksanaan KTT APEC.
(mei/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed