DetikNews
Rabu 15 November 2017, 12:24 WIB

Warga Mengeluh TransJ Ragunan-Monas via Antasari Ditempuh 1,5 Jam

Tsarina Maharani - detikNews
Warga Mengeluh TransJ Ragunan-Monas via Antasari Ditempuh 1,5 Jam TransJ Ragunan-Monas via Antasari (Rani/detikcom)
Jakarta - PT TransJakarta (TransJ) berencana mengganti sementara rute bus Ragunan-Monas via Semanggi menjadi via Jalan Pangeran Antasari. Namun, selain ditolak Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, ide ini tidak disambut baik oleh pengguna bus TransJ.

"Nggak setuju. Karena di Antasari itu lebih macet sih, parah banget. Bisa terjebak di sana hampir 3 jam," ucap seorang pengguna TransJ, Rosalia, saat ditemui di Halte Ragunan, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).


Rosalia menyebutkan ia sempat mencoba menggunakan rute Ragunan-Monas via Antasari. Ia menilai waktu tempuh perjalanannya menjadi lebih panjang dibanding dengan rute via Semanggi. Jika rute via Semanggi benar akan dihapuskan dan diganti, ia pun tidak yakin akan tetap menggunakan bus TransJ.

"Pikir-pikir juga sih, karena takut telat ya," ujar Rosalia, yang sehari-hari bekerja di daerah Jakarta Pusat.

Selain itu, Rina, penumpang lain, tidak setuju apabila rute via Semanggi dihapuskan. Hal ini disebabkan halte tujuannya, Halte Gatot Subroto LIPI, tidak akan dilewati rute bus via Antasari.

"Nggaklah, emang ada alternatif lainnya? Nggak lewat Gatot Subroto juga," ucap Rina di lokasi yang sama.



Warga Mengeluh TransJ Ragunan-Monas Via Antasari Ditempuh 1,5 JamTransJ Ragunan-Monas via Antasari (Rani/detikcom)


Sebelumnya, pejabat Humas TransJ Wibowo mengatakan modifikasi rute dilakukan untuk menyiasati proyek underpass di Mampang Prapatan. Dia menilai rute via Antasari lebih cepat dibanding melalui Semanggi. Bowo mengklaim, dengan rute ini, perjalanan menuju Halte Monas dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

Hasil percobaan detikcom menaiki bus rute Ragunan-Monas via Antasari pagi ini, dibutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke halte akhir. Tercatat bus berangkat pukul 09.50 WIB dari Halte Ragunan dan tiba di Halte Monas pukul 11.25 WIB.

Kemacetan mulai terjadi saat bus akan menaiki flyover Antasari dan saat bus menuruni flyover. Hal ini disebabkan bus TransJ rute ini tidak berada dalam jalur khusus.

Rute baru ini melayani Halte Ragunan, Halte Kementerian Pertanian, Halte Bundaran Senayan, Halte Gelora Bung Karno, Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Rute sebaliknya, Monas-Ragunan via Semanggi, juga dimodifikasi menjadi Monas-Semanggi via Tendean (Koridor 13). Perubahan kedua layanan ini dilakukan mulai 20 November mendatang.

Warga Mengeluh TransJ Ragunan-Monas Via Antasari Ditempuh 1,5 JamTransJ Ragunan-Monas via Antasari (Rani/detikcom)

(rvk/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed