DetikNews
Senin 13 November 2017, 20:29 WIB

Pohon Beringin yang Tumbang di Kompleks Setneg Baru Masih Dievakuasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Pohon Beringin yang Tumbang di Kompleks Setneg Baru Masih Dievakuasi Proses evakuasi pohon tumbang di Kompleks Setneg Baru, Kebayoran Lama. (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Petugas gabungan masih mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa dua rumah warga di Kompleks Setneg Baru, Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Warga setempat pun turut membantu proses evakuasi.

Pantauan detikcom di lokasi sekitar pukul 20.15 WIB, Senin (13/11/2017), petugas dari Dinas Kehutanan dan Pertamanan memotong pohon yang melintang di tengah jalan. Alat berat juga dikerahkan.


Beberapa bagian pohon yang telah dipotong lalu dibawa ke sisi jalan. Terlihat juga masih ada daun-daun dan ranting yang berada di rumah yang tertimpa pohon tumbang.

Sementara itu, kabel listrik menjuntai di dekat lokasi evakuasi. Lampu alat berat juga terus dihidupkan untuk membantu proses pemotongan karena listrik di sekitar lokasi padam.

Anggota Rescue Sektor 4 Pesanggrahan, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Sri Widodo mengatakan proses evakuasi baru bisa dimulai sekitar pukul 17.00 WIB. Sebab, pohon tumbang tersebut mengenai kabel listrik.

"Kami tadi sedikit terkendala karena ada kebal listrik, jadi nungguin PLN, mulai sekitar pukul 17.00 WIB," kata Widodo.



Widodo menerangkan proses evakuasi ini dimulai dengan memotong batang pohon yang kecil, setelah itu memotong bagian pohon yang besar. Pohon tumbang ini merupakan pohon jenis beringin dengan diameter 1,5 meter lebih.

"Kita motong dari batang-batang kecil, dari atas, kemudian yang besar. Karena pohon berdiameter 1,5 meter lebih, kita bekerja sama dengan alat berat PU," terangnya.

Widodo juga menjelaskan tak ada korban dalam kejadian ini. Hanya, pohon tersebut menimpa dua rumah warga.

"Aman dan nggak ada korban warga," jelasnya.

Evakuasi ditargetkan selesai sekitar pukul 21.00 WIB. Petugas gabungan yang membantu proses evakuasi berasal dari Dinas Kehutanan dan Pertamanan, Sudin PKP Jaksel, serta Dinas Bina Marga.
(knv/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed