DetikNews
Kamis 09 November 2017, 13:07 WIB

Polisi: Tersangka Spontan Bunuh PRT di Depok, Tak Direncanakan

Zunita Amalia Putri - detikNews
Polisi: Tersangka Spontan Bunuh PRT di Depok, Tak Direncanakan Wakasat Reskrim Polresta Depok AKP Ketut Garus (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Depok - Suwandi membunuh kekasihnya, Samsiah, seorang pembantu rumah tangga, di Depok karena ditagih utangnya. Polisi menyebut Suwandi melakukan perbuatan kejinya secara spontan, tak direncanakan.

Kesimpulan sementara itu didapatkan polisi setelah menggelar prarekonstruksi. Menurut polisi, Suwandi melakukan pembunuhan secara spontan.

"Pembunuhan tidak berencana karena dia spontan membunuh itu dia ditagih utang, belum dibayar sebesar Rp 5 juta," kata Wakasat Reskrim Polresta Depok AKP Ketut Garus di lokasi prarekonstruksi di Pesona Mungil II, Mekarjaya, Depok, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017).

Dari keseluruhan adegan, yaitu 24, polisi menyebut tidak ada yang aneh dalam prarekonstruksi itu. Seluruh adegan yang dilakukan, menurut polisi, sesuai dengan apa yang tertuang dalam berita acara pemeriksaan (BAP) prarekonstruksi.

"Ada 24 adegan yang tadi diperagakan, jadi 24 adegan sesuai dalam berita acara pemeriksaan ketika tersangka dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Sejauh ini tidak ada kejanggalan yang ditemukan dari tersangka," ujar Ketut.

Namun, menurut Ketut, tersangka sudah sering ke rumah majikan Samsiah itu sehingga memahami rumah itu jarang dihuni majikan Samsiah. "Pelaku sudah sering ke sini juga sehingga pelaku tahu kalau rumah ini (majikan korban), bosnya jarang di rumah sehingga pelaku sering datang ke sini," ucap Ketut.

Dalam prarekonstruksi tersebut, Samsiah diperankan oleh model, yaitu polisi wanita, sedangkan Suwandi diperankan langsung.

Suwandi dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan/atau Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed