detikNews
Senin 30 Oktober 2017, 12:39 WIB

Remaja Bersenjata Tajam di Solok Diamankan Saat akan Tawuran

Audrey Santoso - detikNews
Remaja Bersenjata Tajam di Solok Diamankan Saat akan Tawuran Sekelompok remaja, di antaranya siswa SD, SMP, SMA, dan putus sekolah, di Kota Solok diamankan polisi. (Istimewa)
Jakarta - Sekelompok remaja, di antaranya siswa SD, SMP, SMA, dan putus sekolah, di Kota Solok diamankan polisi. Mereka membawa senjata tajam dan hendak bergabung dengan remaja Kota Padang untuk menyerang remaja wilayah Desa, Selayo, Kabupaten Solok.

"Yang diamankan 32 orang, 5 di antaranya ditahan karena membawa senjata tajam," kata Kapolres Solok AKBP Dony Setiawan kepada detikcom, Senin (30/10/2017).

Dony mengatakan 5 orang yang ditahan berinisial BB (17), AP (14), BRG (14), AF (17), dan AS (14). Mereka membawa samurai, klewang, celurit, serta gir motor yang sudah ditajamkan dan diikat sabuk.

"Mereka diamankan pada Sabtu (28/10), pukul 11.30 WIB, di Jalan Lingkar, Kota Solok, saat hendak menuju Kecamatan Kubung. Mereka bergabung dengan remaja dari Kota Padang, mau menyerang remaja Selayo," jelas Doni.

Polisi menjerat kelimanya dengan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata, dengan ancaman pidana penjara maksimal satu tahun.

"Yang usianya di bawah umur, kami proses sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2012, sistem peradilan anak. Pemidanaan adalah upaya terakhir," terang Dony.

"Jadi ditekankan oleh undang-undang untuk menyelesaikan perkara anak di luar proses peradilan dengan melibatkan orang tua, wali, pembimbing masyarakat, dan dinsos setempat," sambung dia.

Dony memandang miris terhadap perilaku remaja-remaja tersebut. Dia berharap para orang tua meningkatkan perhatian kepada anak-anaknya agar tak mudah tersulut provokasi atau ajakan yang mengarah ke tindak pidana.

"Miris ya. Para orang tua remaja yang tidak kedapatan membawa sajam, datang ke Polres keesokan harinya. Mereka terima kasih dan mendukung tindakan kami mengamankan anak-anak mereka," ucap Dony.
(aud/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com