DetikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 10:41 WIB

Orang Stres Diduga Bakar Rumah, Ratusan KK Kehilangan Tempat Tinggal

Wilpret Siagian - detikNews
Orang Stres Diduga Bakar Rumah, Ratusan KK Kehilangan Tempat Tinggal Ratusan rumah di pemukiman padat penduduk dan Rumah Dinas Denjasa Bekangdam XVII/Cenderawasih di Weref terbakar (wilpret/detikcom)
Jayapura - Ratusan rumah warga yang berada di pemukiman padat penduduk dan Rumah Dinas Denjasa Bekangdam XVII/Cenderawasih di Weref, Kota Jayapura, Papua ludes dilalap si jago merah. Diduga api dibakar oleh orang stres.

Kejadian itu terjadi pada Selasa (24/10/2017) subuh sekitar pukul 03.30 WIT. Warga setempat sempat berusaha untuk memadamkan api. Namun karena lokasi berada dipinggir laut menyebabkan agin kencang dan rumah banyak terbuat dari papan membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Tujuh unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Jayapura ditambah satu unit water canon milik Polda Papua diterjunkan untuk memadamkan kobaran api tersebut.

Di samping jalan masuk ke komplek tersebut yang sempit membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau rumah yang sedang terbakar.

Dua jam kemudian baru api bisa dipadamkan, namun ratusan rumah sudah rata dengan tanah.

Diduga api berasal dari rumah salah satu warga bernama. Faisal yang segaja membakar rumahnya karena stres. Bahkan Faisal sendiri mengalami terbakar dan sudah dievakuasi ke RSUD Dok II Kota Jayapura.

"Berdasarkan keterangan para saksi, api berasal dari rumah Faisal yang diduga segaja membakar rumahnya akibat mengalami stres," ujar Paur Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Yahya Rumra.

Yahya mengatakan, dari keterangan warga bahwa Faisal itu telah beberapa kali ingin membakar rumah dan mau bunuh diri tetapi warga masih bisa mencegahnya.

"Nah pada malam tadi orang lain tidak ada yang melihat, karena masih kondisi malam, jadi tidak ada yang mencegah akhirnya terjadi kebakaran," katanya.

Menurut warga setempat Suriadi, Api berasal dari salah satu rumah yang ditempati Faisal, kebetulan rumahnya masih terbuat dari papan dan berdepetan dengan rumah lain sehingga api cepat merembet.

Namun aparat belum bisa memeriksa pelaku karena sedang mendapat perawatan di RSUD Dok II Jayapura, karena luka bakar yang dideritanya. Akibat peristiwa itu sebanyak 222 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal dan 220 rumah ludes terbakar.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed