DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 20:59 WIB

12 Warga Jatipadang Mengungsi karena Rumahnya Tergenang Kembali

Yulida Medistiara - detikNews
12 Warga Jatipadang Mengungsi karena Rumahnya Tergenang Kembali 12 orang mengungsi di Masjid Al Ridwan, Jatipadang, Jaksel (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pembangunan tanggul permanen untuk menggantikan tanggul karung yang longsor di Jatipadang, Jakarta Selatan belum tuntas. Akibatnya warga Jatipadang di Jl Masjid Al Ridwan RT 13/06 kembali dilanda banjir sore ini.

Camat Pasar Minggu, Agus Irwanto mengatakan pada sekitar pukul 18.00 WIB ketinggian air yang memasuki rumah mencapai 75 cm. Kini banjir tersebut telah berangsur surut hingga sekitar 20 cm.

"Tadi sekitar magrib jam 18.00 WIB sekitar 75 cm kedalaman di rumah. Sekarang sudah 20 cm," kata Agus ketika dihubungi detikcom, Senin (23/10/2017).


Arus air di JatipadangArus air di Jatipadang (Foto: Dok. Istimewa)

Banjir tersebut disebabkan ada tanggul karung yang belum selesai pembangunannya yang kembali longsor. Tanggul karung tersebut kondisinya sangat lemah sehingga jika ada debit air yang berlebih menyebabkan banjir.

"Ada titik baru yang longsor juga, titik baru yang belum kuat karena belum tuntas semua pembangunannya. Memang beberapa titik yang masih bukan dipermanenkan karena jembatan penyeberangan orang itu karena sifatnya pakai karung, karungnya longsor," ungkap Agus.

Setelah hujan reda, ia menyebut, pengerukan sungai yang belum tuntas akan kembali dilanjutkan. Serta beberapa titik tanggul yang masih lemah akan kembali dibangun.

Banjir kembali menggenang karena curah hujan tinggi dan perbaikan tanggul yang belum selesaiBanjir kembali menggenang karena curah hujan tinggi dan perbaikan tanggul yang belum selesai (Foto: Dok. Istimewa)

"Permasalahan pengerukan belum tuntas dan ada beberapa titik yang masih lemah tanggulnya," ujarnya.

Akibat kejadian ini ada sekitar 12 orang yang mengungsi di Masjid Al Ridwan. Hal itu karena rumahnya terendam banjir dan warga diimbau untuk membersihkan rumah pada besok karena alasan keselamatan.

"Pengungsi sedikit sekitar 12 orang sekitar 5 KK yang posisi dekat tanggul. Mereka mau balik sampai sudah kering baru mereka bersih-bersih. Takut sekarang kalau bersih-bersih ada ular atau apa," ungkapnya.
(yld/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed