DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 09:56 WIB

Ini Pesan Anies soal Pengelolaan Listrik di Musim Banjir

Mochammad Zhacky - detikNews
Ini Pesan Anies soal Pengelolaan Listrik di Musim Banjir Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Jakarta - Kematian Ridwan akibat tersetrum listrik saat banjir menjadi pelajaran berharga untuk warga Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan dan solusi.

"Kita semua harus tahu dasar-dasar untuk keselamatan, safety, termasuk soal pengelolaan listrik di masa banjir. Ternyata bisa berdampak sangat fatal," ujar Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2017).

Khusus masalah banjir, Anies akan meminta pejabat Pemprov DKI Jakarta membuat pola antisipasi, misalnya sungai di sekitar Kemang, Jakarta Selatan.

"Tentu banjirnya harus ditanggulangi. Kemarin, saya sudah lihat (ke Kemang) ternyata perkaranya adalah sungai yang tempat aliran air di kampung itu sudah lama tidak dikeruk. Menurut penuturan ketua RT dan RW di sana. Saya akan minta untuk segera dikeruk agar aliran airnya lancar," papar Anies.

Kamis (19/10/2017) malam kemarin, Anies bertakziah ke kediaman warga bernama Ridwan (29) di bilangan Cipete, yang tewas tersengat listrik rumahnya. Pagi ini, Anies menceritakan kunjungannya ke rumah korban.

"Saya tadi malam dapat laporan sekitar pukul 09.30 WIB bahwa ada banjir di sekitar Kemang-Antasari di belakang makam. Dekat jalan layang yang memakan korban 1 orang berusia 29 tahun nama Ridwan," beber dia.

"Dia (Ridwan) dalam kondisi banjir mungkin sekitar setinggi pinggang mencabut aliran listrik dengan badan terendam air. Rupanya, entah kabelnya, entah apanya ada yang bocor, kesetrum dan tidak diketahui siapa pun. Lalu kakaknya turun, jatuh karena menginjak jenazah yang ada di dalam air, baru di situ ketahuan," tutur dia.
(aan/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed