DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 13:44 WIB

Anies akan Tentukan Langkah Kerja Usai Rapat Paripurna Istimewa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anies akan Tentukan Langkah Kerja Usai Rapat Paripurna Istimewa Anies dan Sandi di Balai Kota (dokumen detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menentukan langkah terkait program kerjanya seusai rapat paripurna istimewa bersama DPRD DKI Jakarta. Tak hanya persoalan reklamasi Teluk Jakarta, tapi juga soal penutupan Alexis, rumah DP Rp 0, banjir, hingga KJP Plus.

"Insyaallah kita bertugas bukan dalam satu-dua hari. Kita tuntaskan dulu dengan DPRD, baru langkah-langkah. Kita menghormati para wakil rakyat kita akan kerja sama ke depan karena itu kita menunggu kapan jadwalnya. Setelah sidang paripurna ditetapkan, setelah itu kita tentukan langkah-langkah kerja kita bisa umumkan ke publik," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Rabu (18/10/2017).

Sesuai dengan etika sebagai eksekutif, kata Anies, ia harus berbicara di hadapan wakil rakyat sebelum mulai menentukan langkah terkait program kerja yang akan dilakukannya lima tahun ke depan.

"Jadi gini, kita semua ada satu agenda yang harus dituntaskan, yaitu sidang paripurna istemewa dengan DPRD. Etika dalam pemerintahan, kami sebagai eksekutif menjabat itu harus berbicara di depan DPRD. Kita ingin menyampaikan semua di hadapan para wakil rakyat di paripurna itu baru kita mulai melangkah," ujarnya.

Padahal, hingga saat ini, DPRD belum menjadwalkan pelaksanaan rapat paripurna istimewa tersebut. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gembong Warsono, mengungkapkan pelaksanaan rapat paripurna istimewa bukanlah hal yang wajib.

"Paripurna istimewa kan sunah. Artinya, dilaksanakan boleh, tidak ya tidak apa-apa, kan perbedaan pelantikan, kalau Jokowi-Ahok dulu dilantik di paripurna istimewa, yang melantik Mendagri atas nama presiden (Presiden RI). Sekarang kan gubernur dilantik langsung oleh presiden," kata Gembong di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed