DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 00:02 WIB

4 Penyelundup Narkoba ke Aceh Diciduk, 30 Kg Sabu Disita

Agus Setyadi - detikNews
4 Penyelundup Narkoba ke Aceh Diciduk, 30 Kg Sabu Disita 30 kilogram paket sabu yang diamankan polisi. (Foto: dok. Polda Aceh)
Banda Aceh - Polisi menangkap empat pria saat hendak menyelundupkan 30 kilogram sabu ke Aceh melalui laut. Satu di antara pelaku ditembak di bagian kaki.

Penangkapan pelaku dilakukan tim gabungan Bareskrim Mabes Polri, Bea-Cukai Belawan, dan Bea-Cukai Langsa. Tim yang dipimpin Kombes Gembong Yudha itu bergerak ke lokasi yang terletak sekitar 20 mil Ujong Kuala Peureulak, Aceh Timur, Aceh, dengan kapal patroli BC Belawan.

Sampai di sana, tim mendekat ke sebuah boat nelayan dengan nama lambung Dua Saudara yang ditumpangi empat anak buah kapal. Petugas selanjutnya melakukan pemeriksaan di dalam kapal dan menemukan dua tas, yaitu tas jinjing dan tas ransel.

"Tas ransel warna biru dirondokkan (disembunyikan) di dalam haluan depan (bodi) kapal boat, kemudian dicek di dalam tas tersebut berisi 30 kemasan teh China dengan berat keseluruhan lebih-kurang 30 kg," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Goenawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (12/10/2017) malam.

Barang yang diduga narkoba jenis sabu tersebut diduga berasal dari Malaysia. Penangkapan kapal beserta ABK ini dilakukan pada Rabu (11/10) sekitar pukul 23.30 WIB. Kapal dan barang bukti selanjutnya ditarik ke perairan Langsa, Aceh, dan tiba pagi tadi sekitar pukul 06.10 WIB.

Barang bukti 30 kg sabu beserta pelaku saat ini sudah diamankan tim Bareskrim Polri. Sementara itu, kapal kayu yang dipakai untuk memasok barang haram tersebut dititipkan di dermaga Polair Polres Langsa.

"Pelaku empat orang yang kita amankan. Salah satunya terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena luka tembak di kaki," ungkap Goenawan.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed