DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 17:53 WIB

1.750 Personel TNI-Polri Siap Kompak Jaga Kunjungan Jokowi ke Sumut

Jefris Santama - detikNews
1.750 Personel TNI-Polri Siap Kompak Jaga Kunjungan Jokowi ke Sumut Gelar pasukan TNI dan Polri jelang kunjungan Jokowi (Jefris Santama/detikcom)
Medan - TNI dan Polri gelar pasukan bersama jelang kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Sumatera Utara (Sumut). Personel gabungan yang terlibat mencapai 1.750 orang.

Apel tersebut digelar di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (12/10/2017) sore. Hadir dalam kesempatan itu Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam apel itu, Pangdam bersama Kapolda mengecek langsung kesiapan petugas baik dari prajurit TNI dan Polri. Selain itu, senjata personel juga dilakukan pengecekan.

"Apel pengamanan kunjungan kerja VVIP ini sesuatu yang rutin dilakukan. Hanya nanti objek yang membedakan," kata Mayjen Cucu.

Dia menjelaskan, personel gabungan yang tergelar untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden di Sumut yakni sebanyak 1.750 orang.

"Jumlah personel disesuaikan objek lokasi itu sendiri," ujarnya.

Terkait kunjungan Presiden ke Sumut, Mayjen Cucu tidak merincinya lebih jauh. Jenderal bintang dua itu hanya menyebut lokasi yang akan dikunjungi Jokowi yakni di Kota Medan, Kabupaten Karo serta meninjau Bandara Silangit.

"Kunjungan kerja harinya belum tahu. Tugas saya mengamankan saja," imbuh Pangdam.

Sementara itu, Kapolda Irjen Paulus menerangkan, pihaknya akan terus melakukan sinergi dengan TNI dalam hal pengamanan.

"Prinsipnya kita perlancar semua VVIP dan rombongan. Kami akan sinergi dengan TNI. Penempatan personel di rawan macet dan laka (kecelakaan)," ujarnya.
(fay/fay)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed