DetikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 15:03 WIB

Survei Indikator: 60,3% Warga Cukup Puas atas Kinerja Jokowi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Survei Indikator: 60,3% Warga Cukup Puas atas Kinerja Jokowi Jumpa pers hasil survei Indikator Politik. (Opik/detikcom)
Jakarta - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei soal tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK. Mayoritas masyarakat merasa cukup puas atas hasil kerja pemerintah hingga saat ini.

Survei ini dilaksanakan pada 17-24 September 2017 dengan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei ini +/- 2,9 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden yang terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Menurut peneliti Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, responden ditanyakan soal tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi sejak dilantik pada 20 Oktober 2014.

Hasilnya, 7,95 persen mengatakan sangat puas dan 60,3 persen memilih cukup puas terhadap kinerja Jokowi. Sisanya, 27,23 persen, mengatakan kurang puas dan 2,26 persen mengatakan tidak puas sama sekali.

Dikatakannya, tren tingkat kepuasan Jokowi sejak Januari 2015 hingga September 2017 relatif stabil di atas 60 persen.

"Approval rating atau tingkat kepuasan publik adalah standar emas yang sering dipakai dalam survei opini publik untuk mengetahui tingkat dukungan publik terhadap sebuah pemerintahan," kata Burhanuddin di kantor Indikator, Jl Cikini Raya, Rabu (11/10/2017).




Namun dia mengingatkan kinerja bukanlah satu-satunya variabel penentu kepuasan publik. Ada ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dan pemimpin di luar wilayah kerja pemerintah.

"Ekspektasi tersebut bisa jadi berada di luar urusan kinerja resmi pemerintah, seperti ideologi, identitas sosial, dan perilaku pribadi," ucapnya.

Sementara itu, soal kemampuan Jokowi memimpin, 12,4 persen merasa sangat yakin akan kepemimpinan Jokowi dan 60,3 persen mengatakan cukup yakin. Sebanyak 20% masyarakat mengaku kurang yakin akan kepemimpinan Jokowi dan 2,6 persen tidak yakin sama sekali. Hanya 4,8 persen responden yang memilih jawaban tidak tahu.

"Hal senada juga ditunjukkan oleh tingkat kepercayaan publik pada Presiden Jokowi yang dianggap mampu memimpin bangsa ini," ujarnya.
(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed