DetikNews
Selasa 10 Oktober 2017, 12:07 WIB

Menteri Agama Bagi-bagi 63.676 KIP untuk Pelajar Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Menteri Agama Bagi-bagi 63.676 KIP untuk Pelajar Aceh Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 63.676 pelajar di Aceh. Proses pembagian dilakukan secara simbolis, dengan ditandai penarikan uang secara langsung oleh dua siswa.

Berdasarkan pantauan detikcom, penyerahan Kartu Indonesia Pintar ini digelar di halaman Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Banda Aceh, Aceh, Selasa (10/10/2017). Beberapa siswa-siswi dipanggil ke depan dan kemudian diberi buku tabungan secara simbolis. Setelah itu, dua pelajar sempat diminta melakukan penarikan uang.
Menteri Agama Bagi-bagi 63.676 KIP untuk Pelajar AcehFoto: Agus Setyadi/detikcom

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mencairkan dana KIP, yaitu melalui ATM BNI dan datang ke teller bank. Satu siswa menarik uang di ATM dengan nominal Rp 50 ribu dan satu lagi melalui teller sebesar Rp 100 ribu.

Jumlah dana yang diberikan untuk pelajar kurang mampu ini bervariasi. Untuk pelajar MIN, dana yang disalurkan sebesar Rp 450 ribu, siswa MTsN sebesar Rp 750 ribu, dan MAN Rp 1 juta.
Menteri Agama Bagi-bagi 63.676 KIP untuk Pelajar AcehFoto: Agus Setyadi/detikcom

"Di Aceh, Kementerian Agama tahun 2017 membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada 63.676 siswa-siswi mulai tingkat ibtidaiyah sampai aliyah," kata Menag Lukman kepada wartawan seusai acara.

Menurutnya, pelajar yang berhak mendapatkan KIP adalah mereka yang kondisi orang tuanya kurang mampu. Program bantuan pemerintah ini diberikan hingga pelajar merasa berkecukupan sehingga nanti mereka sendiri yang memutuskan untuk menerima lagi atau tidak.

"Ini adalah cara pemerintah bagaimana memberikan akses yang lebih luas kepada warga negara yang ekonominya kurang memadai," jelas Menag Lukman.

Sebelum meninggalkan lokasi, Menag juga berkunjung ke sejumlah siswa yang sedang membaca buku di pustaka di depan sekolah. Lukman sempat berbincang-bincang dengan mereka. Selain itu, Menag sempat memberikan petuah kepada siswa-siswi agar rajin membaca.
Menteri Agama Bagi-bagi 63.676 KIP untuk Pelajar AcehFoto: Agus Setyadi/detikcom

(jor/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed