DetikNews
Sabtu 07 Oktober 2017, 12:12 WIB

Nasabah RI Transfer Rp 18,9 T, Ditjen Pajak: Kami Tindaklanjuti

Doni Adhitia - detikNews
Nasabah RI Transfer Rp 18,9 T, Ditjen Pajak: Kami Tindaklanjuti Tim Infografis (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta - Transfer duit sebesar USD 1,4 miliar (sekitar Rp 18,9 triliun) milik nasabah Indonesia jadi perhatian regulator Eropa dan Asia. Ditjen Pajak akan menindaklanjuti informasi transfer fantastis itu.

"Tentu akan kita tindaklanjuti, tetapi saya belum bisa berkomentar untuk masalah tersebut," kata Direktur P2 Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama saat dimintai konfirmasi, Sabtu (7/10/2017).

Regulator di Eropa dan Asia sedang menyelidiki Standard Chartered terkait transfer dana dari Guernsey ke Singapura milik nasabah Indonesia, sebagian 'terkait dengan militer'.


Transfer dana sebesar USD 1,4 miliar itu dipindahkan pada akhir 2015, sebelum Guernsey menerapkan peraturan pelaporan global untuk data pajak, Common Reporting Standard, pada awal 2016, menurut Bloomberg.

Ken Dwijugiasteadi, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, mengatakan kepada Kontan bahwa pihaknya akan mengejar potensi pajak itu dan telah mengetahui siapa orang di balik transaksi besar tersebut.

Proses transfer di Standard Chartered tengah diperiksa, namun pihak regulator keuangan belum menyebutkan apakah karyawan bank berkolusi dengan nasabah untuk menghindari pajak, kata sumber Bloomberg.
(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed