DetikNews
Minggu 01 Oktober 2017, 12:21 WIB

Film G30S/PKI untuk Siswa Kelas 3 SMP ke Atas

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Film G30S/PKI untuk Siswa Kelas 3 SMP ke Atas Foto: Mendikbud Muhadjir (Vino-detikcom)
Jakarta - Mendikbud Muhadjir Effendy mengimbau sekolah-sekolah untuk tak merekomendasikan siswa agar menonton film G30S/PKI. Muhadjir menyebut film itu hanya boleh ditonton oleh siswa kelas 3 SMP ke atas.

"Dengan pendidikan saya sudah mengimbau kepada sekolah-sekolah untuk tidak merekomendasikan atau tidak menyarankan untuk siswa-siswa SMP terutama SD untuk menonton film G30S/PKI itu. Seandainya ditoleransi itu adalah anak yang sudah kelas 3 SMP ke atas," kata Muhadjir di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017).

[Gambas:Video 20detik]





Jika siswa kelas 3 SMP nonton film G30S/PKI, harus didampingi oleh guru. Muhadjir menuturkan film tersebut hanya boleh ditonton oleh siswa kelas 3 SMP yang telah memasuki semester 2.

"Dan itu harus ada pendampingan dalam rangka pendidikan kurikuler. Dan memang itu sinkron dengan kurikulum kita karena pelajaran G30S/PKI itu baru anak SMP kelas 3 semester 2," tuturnya.

Alasan Muhadjir menyarankan hal itu sebab ada adegan di film G30S/PKI yang tak boleh ditonton oleh anak-anak. Menurutnya, masih ada waktu jika anak-anak itu ingin menonton film sejarah kelam bangsa Indonesia.

"Ada adegan yg belum layak ditonton anak anak. Biar dewasa dulu lah. Nanti toh film itu masih terus ada. Tahun depan masih ada tahun berikutnya masih ada," imbuhnya.

Muhadjir lantas berbicara soal makna kesaktian Pancasila. Dia berharap tak ada lagi peristiwa menyedihkan yang terjadi kepada bangsa Indonesia seperti yang telah dialami di malam 30 September 1965.

"Dari peringatan hari kesaktian Pancasila ini kita berharap tidak akan ada lagi peristiwa-peristiwa yang menyedihkan yang menyakitkan terhadap kehidupan bangsa dan negara ini dan kita yakin bahwa Pancasila lah pilihan yang paling tepat untuk Indonesia ke depan," ucapnya.

[Gambas:Video 20detik]



Ini P
ernyataan Presiden Jokowi soal PKI di Hari Kesaktian Pancasila!

Saksikan Video Pernyataan Tegas Presiden Jokowi soal PKI


(knv/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed