DetikNews
Senin 25 September 2017, 10:26 WIB

Kementan Minta Dibuat Penitipan Ternak untuk Pengungsi Gunung Agung

Prins David Saut - detikNews
Kementan Minta Dibuat Penitipan Ternak untuk Pengungsi Gunung Agung Pejabat Kementan mengecek tempat penitipan ternak. (David/detikcom)
Karangasem - Kementerian Pertanian (Kementan) berencana memberikan bantuan untuk ternak-ternak pengungsi Gunung Agung. Bantuan tersebut berupa pakan dan obat-obatan.

"Bantuan dalam peternakan paling pangan dan obat-obatan. Mungkin dari instansi lain bisa membuatkan kandangnya," kata Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementan Syamsul Ma'arif di Banjar Lebah, Klungkung, Bali, Senin (25/9/2017).




Syamsul menjelaskan Kementan bersama Dinas Peternakan Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem akan terus mendata penitipan ternak pengungsi. Untuk sementara belum ada data resmi jumlah penitipan ternak yang menerima ternak-ternak pengungsi.

"Kita kan masalah pengamanan ternaknya, kita mendata saja apa yang dibutuhkan penitipan ternak ini dan mungkin kita mulai mencoba memberikan bantuan," ujar Syamsul.

Syamsul berada di Banjar Lebah untuk mendata penitipan ternak pengungsi yang menggunakan lahan warga secara gratis. Total sapi yang berada di tempat penitipan tersebut sebanyak 75 ekor.

Ia datang bersama anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali IR Sumantra, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Karangasem IR Supandi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Kepada para kepala dinas, Syamsul meminta disediakan tempat penitipan ternak induk untuk para pengungsi.

"Saya baru dapat di sini ada 75 ekor dan di mana tempat penampungan lainnya sama kepala dinas saya minta ada lagi lokasi yang lebih besar," ucap Syamsul.
(vid/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed