DetikNews
Minggu 24 September 2017, 13:57 WIB

Soal Situs nikahsirri.com, Muhammadiyah: Problemnya Berlipat-lipat

Bisma Alief Laksana - detikNews
Soal Situs nikahsirri.com, Muhammadiyah: Problemnya Berlipat-lipat Foto: Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir/ Iqbal detikcom
Jakarta - Situs nikahsirri.com yang melelang keperawanan hingga nikah siri meresahkan masyarakat. Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengecam kemunculan situs tersebut.

"Intinya tidak menyetujui lewat situs dan tidak menyetujui nikah siri," kata Haedar usai menghadiri pernikahan putra Ketum PAN Zulkifli Hasan di Grand Ballroom Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (24/9/2017).

Haedar menjelaskan bahwa Muhammadiyah sendiri memiliki paham yang tidak menganjurkan adanya nikah siri. Alasannya, nikah siri mempunyai dampak buruk yang lebih banyak. Apalagi sampai nikah siri itu menggunakan sebuah situs, menurut Haedar, masalah yang ditimbulkan akan berlipat ganda.

"Muhammadiyah termasuk yang berpaham tidak menganjurkan nikah sirih, karena mudharat-nya lebih banyak. Kedua apalagi lewat situs, jadi itu dua problem yang berlipat-lipat," jelasnya.

Sebelumnya, pemilik situs nikahsirri.com Aris Wahyudi mengaku bahwa situs itu adalah sebagai sarana lelang perawan. Ia mengakui mendapatkan keuntungan dari kliennya yang ikut dalam lelang tersebut.

"Klien memberikan koin mahar sebanyak 500 (setara Rp 5 juta) ke mitra, kami hanya ambil 10% sampai 20% dari nilai mahar, sedangkan sisanya 80% diserahkan ke pihak mitra. Ini untuk operasional," ujar Aris Wahyudi di kediamannya, Jatimekar, Jatiasih, Sabtu (23/9).

Untuk mencegah situs tersebut dapat diakses, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memutuskan untuk melakukan pemblokiran.

"Sejenak sampaikan keresahan masyarakat yang terjadi atas munculnya situs nikahsirridotcom. Tim internal Ditjen Aptika telah melakukan pendalaman sehingga pada Sabtu (23/9) pukul 16.00 WIB nikahsirridotcom diputuskan diblokir," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza, dalam pesan kepada detikcom, Minggu (24/9/2017).
(bis/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed