DetikNews
Minggu 24 September 2017, 12:57 WIB

BPBD dan Polda Bali Berupaya Bujuk 170 KK yang Enggan Dievakuasi

Prins David Saut - detikNews
BPBD dan Polda Bali Berupaya Bujuk 170 KK yang Enggan Dievakuasi Pengungsi Gunung Agung GOR Swacepura, Klungkung (david/detikcom)
Denpasar - Kawasan rawan bencana dengan Gunung Agung berstatus awas diperluas hingga radius 9 Km. Namun masih ada lebih dari 170 KK yang enggan dievakuasi.

"Mereka satu dusun di Paleg, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem. Ada 170 KK lebih belum mau mengungsi," kata Kasie Tanggap Darurat dan Kegawatdaruratan BPBD Bali, Komang Kusuma Edi saat dikonfirmasi, Minggu (24/9/2017).

170 KK itu diperkirakan berjumlah lebih dari 100 jiwa. Upaya evakuasi terus dilakukan secara persuasif namun belum menemukan titik terang hingga siang ini.

"Saya sampai tiga jam merayu mereka tapi tidak mau turun, hanya sebagian kecil yang mau turun. Sekira 100 jiwa lebih, kami akan meminta bantuan polisi untuk evakuasi warga," ujar Edi.

Setelah berbincang dengan tokoh setempat, rupanya warga tak mau turun jika yang lain juga tidak turun. Padahal Desa Ban masuk ke wilayah rawan bencana dan telah disosialisasikan petugas kepada warga.

"Kalau satu orang tidak mau mengungsi, semua tidak mau. Mayoritas warga di sana tidak mau mengungsi. Katanya Gunung Agung meletus baru menghubungi kami (untuk evakuasi)," ucap Edi.
(vid/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed