DetikNews
Minggu 24 September 2017, 03:01 WIB

Warga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan Ampera

Raja Adil Siregar - detikNews
Warga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan Ampera Foto: Raja Adil Siregar/ detikcom
Palembang - Masyarakat di kota Palembang antusias nonton bareng film G30S/PKI yang diselenggarakan Kodam II Sriwijaya di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Dari pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (23/9/2017), pemutaran film dimulai pada pukul 19.30 WIB dan rampung pada 00.30 WIB. Acara nobar dihadiri langsung oleh Pangdam II Sriwijaya AM Putranto, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Bimo dan Wali Kota Palembang Harnojoyo. Terlihat antusias masyarakat dalam menyaksikan film dengan latar belakang Jembatan Ampera.

Dalam kehadirannya, Pangdam II Sriwijaya pun turut melihat antusias masyarakat di kota Pempek yang ikut serta menyaksikan pemutaran film bersejarah yang sudah lama dihetikan tanyang di televisi ini. Dengan harapan masyarakat dapat menyaksikan kekejaman PKI yang disebut memiliki nilai sejarah.

Warga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan AmperaWarga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan Ampera Foto: Raja Adil Siregar/ detikcom

"Kita mau generasi muda tau sejarah tentang film yang menggambarkan keganasan dan kekejaman PKI, dimana film ini sangat mendekati pada kejadian sesungguhnya dan dapat menjadi pelajaran bersama terutama terhadap bahaya laten saat ini," ujar Putranto kepada wartawan, Minggu (24/9/2017) dini hari.

Untuk pemutaran sendiri, Putranto menyebut bahwa ini dalam rangkaian HUT TNI Ke 72 dan membuka ingatan kembali masyarakat bahwa ada sejarah kelam terhadap sejarah indonesia di masa lalu. Untuk itu, masyarakat dan pelajar di kota Palembang diharapkan dapat mengambil pelajaran dari pemutaran film ini.

Selain itu, adanya bahaya laten terhadap paham komunis disebut akan terus muncul dan melalui film inilah masyarakat akan diberikan pemahaman agar jangan ada ajaran ideologi yang tidak sesuai.


Warga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan AmperaWarga di Palembang Antusias Nobar G30S/PKI di Dekat Jembatan Ampera Foto: Raja Adil Siregar/ detikcom


"Bahaya laten itu akan terus ada, ideologi-ideologi yang bertentangan ini tentu tidak bisa dibiarkan dan kita harus berikan pemahaman pada masyarakat dengan membuka kembali ingatan melalui sejarah. Film ini juga akan diputar diseluruh korem yang ada di jajaran Sriwijaya," sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo dalam kesempatan yang sama juga sangat mendukung pemutaran film G30S/PKI di kota Palembang. Bahkan, dengan pemutaran film ini diharapkan kejadian kelam dimasa lalu tidak lagi terulang.

"Ini sangat penting untuk mengingat sejarah bahwa PKI itu memiliki catatan hitam dalam sejarah bangsa Indonesia, ini harus benar-benar diingatkan agar jangan sampai terulang kedua kalinya. Sebagaimana kita lihat malam ini, antusias ribuan masyarakat di Palembang sangat tinggi untuk menyaksikan," terangnya.

Untuk itu, sebagai Wali Kota dirinya juga akan melakukan pemutaran film yang sama dalam waktu dekat di rumah dinas Jalan Tasik Palembang. Ditargetkan seluruh pejabat dan masyarakat dapat menyaksikan secara bersama film bersejarah ini.
(nkn/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed