DetikNews
Jumat 22 September 2017, 12:48 WIB

Pelat Hitam Susah Tertangkap CCTV, Polri Wacanakan Ubah Warna Terang

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Pelat Hitam Susah Tertangkap CCTV, Polri Wacanakan Ubah Warna Terang Ilustrasi (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta - Kakorlantas Irjen Royke Lumowa mewacanakan perubahan pelat nomor kendaraan dari warna hitam menjadi warna terang. Usulan ini muncul karena warna gelap kerap tak tertangkap kamera CTTV.

"Terus satu hal penting, yaitu menurut penelitian setelah disurvei kami, pelat nomor kita ini susah ditangkap kamera, karena warnanya hitam. Kami akan mencoba ada wacana untuk mengubah warna terang sehingga mudah tertangkap kamera," kata Royke di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2017).

Royke kemudian membandingkan pelat nomor yang digunakan di berbagai negara. Menurutnya, di negara-negara maju, warna pelat nomor kendaraan sangat beragam.

"Di negara-negara maju kan nggak ada kendaraan pakai pelat hitam kan, biru muda, putih, kuning muda kadang-kadang," tuturnya.

Namun wacana perubahan warna pelat nomor ini perlu dikaji lebih dalam. Royke mengatakan perlu ada perubahan regulasi untuk mengatur pelat nomor warna terang tersebut.

"Ada, kita ubah regulasi dulu, kita ubah warnanya, regulasinya, setelah itu perlahan-lahan, kita ubah warnanya step by step tapi kita perlakukan ke kendaraan yang baru terdaftar dulu jadi tidak menyulitkan yang udah pakai, tapi kalau ada yang mau pakai warna terang boleh aja," katanya.

Kajian soal perubahan warna pelat nomor ini, sambung Royke, telah dilakukan sejak dulu. Dia berharap pada 2018 wacana tersebut bisa segera terealisasi.

"Realisasi akhir 2018 ya rencana," terangnya.
(knv/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed