DetikNews
Kamis 21 September 2017, 02:03 WIB

GP Ansor Surabaya Gelar Nobar Film G30S/PKI, Warga Antusias

Michelle Alda Gunawan - detikNews
GP Ansor Surabaya Gelar Nobar Film G30S/PKI, Warga Antusias Nobar film G30S/PKI di Surabaya. (Michelle Alda Gunawan/detikcom)
Surabaya - GP Ansor Surabaya menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI. Acara itu sekaligus untuk memperingati Tahun Baru Islam 1439 H.

Anggota TNI, Polisi, ormas, dan masyarakat mulai memadati area depan panggung pada pukul 19.00 WIB hingga mulainya acara, yaitu pukul 20.00 WIB, Rabu (20/9/2017). Pemutaran cuplikan film dimulai pada pukul 21.10 WIB.

Pada saat memutarkan cuplikan film selama kurang-lebih 5 menit, Komandan Kodim (Dandim) 0831/Surabaya Timur Letkol Inf Dodiet Lumwartono memaparkan peristiwa yang terjadi pada saat G30S/PKI kepada masyarakat yang hadir.

"Nah, bisa dilihat, itu adalah para jenderal yang menentang PKI pada saat itu. Mereka disiksa dan dilempar ke Lubang Buaya. Lubang Buaya menjadi saksi peristiwa G30S/PKI," ujar Dodiet sambil menunjukkan adegan para pahlawan yang dibuang ke Lubang Buaya pada cuplikan film.

Setelah menyaksikan cuplikan film, Dodiet mengimbau masyarakat Keputih dan sekitarnya untuk menangkal aliran sesat yang dapat merusak kesatuan bangsa dan negara.

"Saya mengimbau masyarakat Keputih memiliki daya tangkal, daya cegah, daya tahan terhadap segala bentuk aliran yang sesat, sehingga paham aliran komunisme tidak bisa tumbuh di wilayah kita. Tepuk tangan untuk kita semua. NKRI harga mati!" ujarnya kepada hadirin.

Dodiet mengatakan seluruh masyarakat perlu mengetahui sejarah G30S/PKI agar tidak terjadi salah penafsiran mengenai paham komunisme.

"Ini merupakan tugas kita semua untuk menyampaikan kepada semua pihak bahwa gerakan 30S/PKI merupakan aliran, ajaran sesat. Hal ini perlu diketahui oleh semua masyarakat, khususnya generasi muda agar tidak salah dalam penafsiran mengenai komunisme itu sendiri," pungkasnya.
(bag/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed