DetikNews
Rabu 20 September 2017, 22:02 WIB

SMK Muhammadiyah 1 Depok Gelar Nobar Film G30S/PKI

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
SMK Muhammadiyah 1 Depok Gelar Nobar Film G30S/PKI Suasana nobar film 'Pengkhianatan G30S/PKI' di SMK Muhammadiyah 1 Depok. (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Depok - SMK Muhammadiyah 1 Depok menggelar nonton bareng film 'Pengkhianatan G30S/PKI' di lingkungan sekolah sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam. Dengan didampingi guru sejarah, pemutaran film itu berlangsung.

Acara yang digelar di masjid lingkungan sekolah itu juga dihadiri oleh para siswa SMP 8 Muhammadiyah Depok. Mereka berkumpul di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB, Rabu (20/9/2017).

Sebelum pemutaran film, ada pula bazar baju murah. Pemutaran film dimulai pukul 21.24 WIB dengan dipandu langsung oleh guru sejarah SMK 1 Muhammadiyah, Sutarsa.

"Sejarah bangsa di mana umat Islam, bangsa kita, bahkan tokoh-tokoh kita, seperti tujuh jenderal, dibunuh. Ini bukti nyata pelakunya orang PKI berdasarkan catatan sejarah. Jadi generasi ini harus diberi pengalaman ini. Kalau mereka nggak tahu, nanti apa yang terjadi. Kalau kata Pak Sukarno, jangan lupakan sejarah bangsa. Kalau dilupakan, bubar negeri ini," ujar Sutarsa sebelum pemutaran film.

Sutarsa juga menjelaskan film berdurasi 271 menit ini di-download dari internet dan sudah dipotong untuk mempercepat durasi waktunya. Saat pemutaran film, Sutarsa menjelaskan dan meminta operator untuk memulai, menghentikan, ataupun mempercepat film.

Saat film baru dimulai, para siswa antusias menonton. Para siswa menyimak film dan penjelasan dari Sutarsa.

"Jadi inisiatif ini pertama dari tim kami, SMK ini, dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, kemudian untuk memberikan pemahaman ke anak SMK. Siswa SMK taraf berpikirnya sudah dewasa, jadi bisa memberikan mana yang baik dan buruk," kata Sutarsa.
(bag/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed