DetikNews
Selasa 19 September 2017, 16:34 WIB

Luhut: Komunis Perlu Diwaspadai, tapi Jangan Heboh Kayak Mau Perang

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Luhut: Komunis Perlu Diwaspadai, tapi Jangan Heboh Kayak Mau Perang Foto: Hary Lukita/detikcom
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta jajarannya menonton film G30S/PKI untuk mengingat sejarah agar tak terulang. Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, yang juga berpangkat jenderal, sepakat bahwa komunisme harus diwaspadai.

"Diwaspadai oke, tapi jangan terlalu hebohlah kayak mau Perang Dunia. Saya kan ngalamin, kalian belum lahir. Komunis itu terjadi kalau terjadi ketidakadilan," kata Luhut di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).



Semasa remaja, Luhut pernah mendirikan Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI) bersama teman-temannya. Organisasi itu amat menentang PKI.

"Kalau ributin itu saja (G30S/PKI), kurang kerjaan gitu loh. Diwaspadai yes, cara waspada pemerintah adalah keamanan dan kesejahteraan," ungkap Luhut.

[Gambas:Video 20detik]


Luhut menyayangkan jika energi bangsa habis untuk diskursus soal pro dan kontra pemutaran film G30S. Menurutnya, lebih baik fokus pada pembangunan di tengah persaingan global. "Nggak usah habis energi untuk bicara perbedaan," pungkas Luhut.
(bpn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed