DetikNews
Rabu 13 September 2017, 17:29 WIB

Di Depan Ulama, Jokowi Cerita Diplomasi hingga Bantuan ke Rohingya

Ray Jordan - detikNews
Di Depan Ulama, Jokowi Cerita Diplomasi hingga Bantuan ke Rohingya Presiden Jokowi bertemu dengan 40 ulama NU dan Muhammadiyah di Istana. (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengumpulkan 40 ulama dan pimpinan pondok pesantren di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi menyinggung soal krisis etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

Jokowi mengatakan pemerintah telah meminta penjelasan yang konkret berkenaan dengan persoalan yang dialami etnis Rohingya di Myanmar.

"Pemerintah sebetulnya sejak awal meminta penjelasan yang konkret dari pemerintah Myanmar," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).


Bahkan, kata Jokowi, pada Januari-Februari 2017, pemerintah mengirimkan bantuan kemanusiaan berkenaan dengan krisis yang dialami etnis Rohingya. Dia juga memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi membahas soal Rohingya dengan pemerintah Myanmar.

"Dan pada bulan Januari-Februari lalu kita pun sudah mengirimkan bantuan kontainer, tidak hanya 1-2 kontainer, kalau tidak salah ingat, kurang-lebih 10 kontainer yang kita kirimkan, baik berupa obat-obatan maupun makanan," katanya.

"Kita juga mengutus Menlu untuk mendesak pemerintah Myanmar. Karena ini memang berkaitan dengan sejarah politik yang ada di sana, dengan urusan ekonomi yang ada di sana. Sebetulnya masalah yang sangat kompleks," tambahnya.

[Gambas:Video 20detik]


(jor/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed