DetikNews
Rabu 13 September 2017, 16:17 WIB

Menkes: Sanksi Lain untuk RS Mitra Keluarga Tunggu Audit Medis

Aryo Bhawono - detikNews
Menkes: Sanksi Lain untuk RS Mitra Keluarga Tunggu Audit Medis Widiya Wiyanti
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Jakarta -

Menteri Kesehatan Nila Faried Moeloek memerintahkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan sanksi administrasi berupa teguran tertulis kepada manajemen Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Selain itu, Dinas diminta melakukan audit medis untuk menentukan jenis sanksi lainnya.

"Memerintahkan Dinas untuk mengkoordinasi pelaksanaan audit medik yang dilakukan oleh propfesi," tulis Nila dalam surat tertanggal 13 September yang ditujukan kepada pimpinan Komisi IX DPR yang salinannya diterima detikcom kemudian.

Sebelumnya, Komisi IX, yang membidangi masalah kesehatan, menugaskan hasil investigasi terkait kematian bayi Tiara Deborah pekan lalu dalam tempo 2x24 jam. Dalam surat sepanjang dua halaman itu, Nila memaparkan 14 poin hasil investigasi oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Poin dimaksud antara lain pihak RS Mitra meminta uang muka kepada orang tua pasien untuk dilakukan perawatan lanjutan. Pihak RS MItra juga menerima pembayaran, padahal mengetahui pasien adalah peserta BPJS.

Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah cepat Kementerian Kesehatan untuk melaporkan hasil investigasi tersebut. Tapi dia juga menilai investigasi yang dilakukan belum fokus pada pelanggaran UU No 36/2009, khususnya Pasal 32 dan 190. "Yang dilaporkan ini kelihatannya masih fokus pada persoalan administratif. Semestinya, investigasi bisa masuk pada persoalan implementasi UU," kata Saleh.

Sejalan dengan hasil investigasi ini, ia melanjutkan, Komisi IX berharap itu bisa dijadikan rujukan oleh pihak kepolisian. Apalagi, pihak kepolisian saat ini sedang melakukan investigasi. Tentu investigasi yang dilakukan pihak kepolisian berbeda dengan apa yang dilakukan Kemenkes.


(jat/jat)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed