DetikNews
Rabu 13 September 2017, 14:27 WIB

Samsat Makassar Buru Mobil Mewah Penunggak Pajak

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Samsat Makassar Buru Mobil Mewah Penunggak Pajak Samsat keliling di Makassar (M Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Samsat Makassar memburu mobil-mobil mewah yang menunggak pajak kendaraan bermotor. Di Sulawesi Selatan, banyak pemilik mobil yang tak acuh dengan pajak kendaraannya.

Petugas UPTD Sistem Administrasi Manajemen Satu Atap (Samsat) Makassar melakukan razia dan memburu pemilik mobil mewah yang menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Rabu (13/9/2018).

Pamin I Samsat Makassar Iptu Ade Hermansyah yang memimpin razia di kawasan Pelabuhan Makassar dan Jalan Pattimura, menyebutkan selama beberapa hari terakhir ini, tim khusus melakukan pencarian mobil-mobil penunggak pajak. Khususnya mobil mewah bernomor polisi Sulawesi Selatan dengan kode huruf DD.

Dalam operasi ini, lanjut Ade, tim Samsat Makassar mendapatkan penunggak pajak di Kompleks Bougenville, Jalan Pengayoman, yang memiliki 4 mobil mewah yang belum membayar PKB-nya. Ini terdiri dari mobil Mercedes S500 dengan besar tunggakan pajak selama 5 tahun sebesar Rp 231 juta, BMW seri 532i dengan pajak sebesar Rp 14 juta, Peugeot RCZ dengan pajak Rp 38 juta dan Mercerdes SLK 350 yang akan habis masa berlaku pajak dua hari kemudian sebesar Rp 29 juta. Selain itu, tim Samsat juga berhasil membuntuti mobil Hummer H3 yang menunggak setahun PKB sebesar Rp 35 juta.

"Saat ini sudah sangat mudah mengecek nomor polisi kendaraan yang pemiliknya menunggak pajak, dengan aplikasi database Samsat online, kami harapkan pemilik kendaraan yang belum bayar pajak agar menyelesaikan tanggung jawabnya untuk membantu pembangunan di daerah ini," ujar Ade.

Selain merazia kendaraan penunggak pajak, petugas Samsat juga berhasil mengamankan sejumlah kendaraan yang menggunakan plat palsu. Salah satu mobil yang sudah diamankan adalah mobil bodong yang saat ini dialihkan pengusutannya ke pihak kepolisian.

Sementara menurut Kepala UPTD Samsat Makassar Harmin, mengatakan total tunggakan pajak di Makassar sebesar Rp 43 Miliar. Sedangkan target pendapatan pajak tahun 2017 senilai Rp 438 miliar.

Hamrin menyebutkan, guna mengejar target pendapatan pajak, timnya rutin menggelar razia dan menyebar mobil layanan Samsat Keliling untuk membantu masyarakat membayar pajak, yang tidak sempat datang ke kantor Samsat.

Salah satu cara yang dilakukan Samsat Makassar menyiapkan mobil Samsat Keliling plus kedai kopi yang digratiskan pada pembayar PKB. Lokasi layanan Samsat keliling plus Kedai kopi berada di Jalan Hertasning depan Kanwil PLN Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara.
(mna/fay)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed