DetikNews
Sabtu 09 September 2017, 23:16 WIB

Polri Kembalikan 8 Ribu Paspor Korban Penipuan First Travel

Faiq Hidayat - detikNews
Polri Kembalikan 8 Ribu Paspor Korban Penipuan First Travel Brigjen Rikwanto. Foto: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto menyatakan sejumlah 8 ribu paspor calon jemaah umroh korban First Travel sudah dikembalikan kepada pemiliknya. Ia pun meminta masyarakat yang ingin mengambil paspor untuk datang ke Crisis Center, Polri.

"Sementara sudah 20 ribu lebih yang lapor di Crisis Center. Paspor yang diambil sudah lebih 8 ribu, yang ada di kita lebih separuhnya. Silakan kalau ada paspor yang masih tersangkut di manajemen First Travel bisa diambil," kata Rikwanto di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Rikwanto menyatakan, saat ini Polri menetapkan tiga tersangka atas kasus First Travel yakni Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki. Namun Polri masih terus mengembangkan kasus tersebut dari hasil temuan PPATK.

"Tersangka masih 3 orang, tapi kami masih mengembangkan terus hasil dari temuan PPATK. PPATK baru berikan beberapa bagian terkait nomor rekening yang kita berikan, jadi belum semua," kata Rikwanto.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menampung 31.776 pengaduan korban First Travel selama penanganan perkara penipuan dan penggelapan dana umrah jemaah. Sementara itu, dari 15 ribu paspor jemaah yang sebelumnya disita untuk proses penyidikan, sudah dikembalikan 6.889 buah kepada pemiliknya.

"Kami masih menerima laporan pengaduan, e-mail dan yang datang sendiri. E-mail yang masuk 8.581 dan datang sendiri 23.195. Dengan jumlah makin besar ini, kami harap bisa melakukan pendataan secara cermat terhadap mereka," kata Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di gedung Divisi Humas, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

"Untuk paspor yang dikembalikan, dari 15 ribu yang ditemukan penyidik, dikembalikan 6.889 paspor," sambung Martinus.
(fai/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed