detikNews
Sabtu 09 September 2017, 20:54 WIB

Laporan Dari China

Pemkot Padang Jelaskan Konsep Smart City di Forum Wali Kota

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Pemkot Padang Jelaskan Konsep Smart City di Forum Wali Kota Foto: Asisten III Pemkot Padang Didi Aryadi di China-ASEAN Mayors Forum. (Noval/detikcom).
Nanning - Asisten III Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Didi Aryadi dipercaya menjadi pembicara di acara China-ASEAN Mayors Forum 2017 di Kota Nanning, China. Didi menjelaskan konsep menuju green city kepada wali kota se-China dan ASEAN yang hadir di forum tersebut.

"Untuk saat sekarang, setiap kota dalam menerapkan kebijakan smart city adalah suatu keniscayaan, karena dengan kebijakan smart city oleh pemerintah kota, akan menjadikan masyarakat lebih nyaman, lebih dimudahkan dan lebih mendapatkan kepastian. Sehingga hari ini kondisinya adalah Better Life with Smart City," kata Didi mengawali pemaparannya di China-ASEAN Mayors' Forum 2017, Kota Nanning, Provinsi Guangxi, China, Sabtu (9/9/2017).

Pemkot Padang Jelaskan Konsep Smart City di Forum Wali KotaFoto: Asisten III Pemkot Padang Didi Aryadi di China-ASEAN Mayors Forum. (Noval/detikcom).

Didi menjelaskan, hal terpenting dalam penerapan smart city adalah konektivitas. Dia melihat beberapa kota maju di China sudah menerapkan smart city yang komprehensif dan terintegrasi dengan teknologi 5G.

"Tetapi di sisi lain, masih ada beberapa kota di negara-negara ASEAN, bahkan kota di China sendiri yang belum ada konektivitas data (3G atau yang lebih sederhana). Sehingga terjadi perbedaan yang sangat besar antara kota yang sudah sangat maju dengan smart city, dengan kota yang masih relatif tertinggal," ujar Didi.


Pemerintah Kota Padang mengusulkan agar kota-kota maju di ASEAN dan China bersama-sama membangun smart city. Hal ini dilakukan kota-kota yang telah maju dengan memberikan transfer ilmu dan pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan smart city.

"Sharing experience kepada kota yang relatif tertinggal, dan semua itu di dalam kerangka yang diinisiasi oleh China-Asean Mayor's Forum," jelasnya.

Pemkot Padang Jelaskan Konsep Smart City di Forum Wali KotaFoto: Asisten III Pemkot Padang Didi Aryadi di China-ASEAN Mayors Forum. (Noval/detikcom).

"Sekaitan dengan semangat jalur sutra, kalau dahulu kala jalur sutra melalui jalur laut, maka saat sekarang jalur sutra adalah memakai teknologi informatika yang dinamakan konektivitas. Smart city adalah harapan dan concern beraka dari China-ASEAN Mayors' Forum," sambung Didi.

Menutup pemaparannya, Didi sebagai wakil Pemkot Padang memberi rekomendasi untuk konferensi China-ASEAN Mayors' Forum 2017. Di antaranya segera membentuk Fokus Group Discussion (FGD) yang khusus membahas smart city.

"Segera menyelenggarakan sebuah Focus Group Discussion (FGD) khusus tentang smart city yang diinisiasi oleh asosiasi walikota ASEAN dan China, untuk membentuk semangat agar setiap kota dapat membangun smart city dengan lebih cepat, karena adanya sinergitas antara sesama anggota," tutup Didi.
(nvl/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com