1,7 Juta Orang Daftar CPNS Kemenkum HAM

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Selasa, 05 Sep 2017 09:52 WIB
Ilustrasi (dok. detikcom)
Jakarta - Sebanyak 1,7 juta orang mendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk hakim, penjaga tahanan atau sipir, dan petugas Imigrasi. Menkum Yasonna Laoly mengaku optimistis dengan alur CPNS saat ini akan memenuhi kebutuhan sipir.

"Jalan semua sudah sesuai ketentuan, saya kira sekarang sudah 1,7 juta yang sudah mendaftar, termasuk sarjana. Yang sipir itu lebih dari 500 ribu," kata Yasonna di kompleks parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2017) malam.

Diakui Yasonna, sistem computer assisted test (CAT) dapat mengurangi intervensi oknum-oknum tertentu untuk mempengaruhi penerimaan CPNS.

"Kita harapkan nanti, dengan CAT, setiap orang tidak mungkin ada intervensi. Kita lihat nanti berapa hasilnya," ujar Yasonna.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi resmi mengumumkan penerimaan 19.210 lowongan CPNS di Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung.

Pendaftaran dibuka pada 1-31 Agustus 2017 secara online. Lowongan yang dibuka meliputi posisi hakim, sipir, dan petugas Imigrasi. Untuk posisi hakim, 30 ribuan sarjana hukum telah mendaftar guna memperebutkan 1.600 posisi. (adf/asp)