DetikNews
2017/08/31 09:59:47 WIB

O...o... Ketahuan, Ini Aset yang 'Ditimbun' Bos First Travel

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Halaman 1 dari 6
O...o... Ketahuan, Ini Aset yang Ditimbun Bos First Travel Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Satu per satu harta kekayaan bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, di dalam dan luar negeri terlacak. Pasutri ini ketahuan menimbun kekayaan yang membuat orang berdecak.

Penyidik Bareskrim Polri serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menelusuri aset-aset bos First Travel terkait kasus dugaan penipuan perjalanan umrah dan dugaan pencucian uang. Penyidik bekerja keras menyelamatkan uang 34 ribu orang yang mencapai Rp 550 miliar, yang kini menguap entah ke mana.


"Kami masih tracing aset. Kemudian dengan masalah perbankan, kami bekerja sama dengan PPATK untuk mencari di mana uang yang sudah dihimpun itu karena dari buku tabungan yang kami dapat hanya Rp 5 juta," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Irjen Ari Dono Sukmanto.



Perlahan tapi pasti, kerja sama Polri dengan PPATK membuahkan hasil. PPATK akhirnya menemukan 50 rekening bos First Travel. Total duit di seluruh rekening itu mencapai Rp 7 miliar. "Sisa dananya ada dari rekening-rekeningnya. Kami sudah menutup 50 rekening yang di dalamnya terdapat dana Rp 7 miliar," ujar Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin.


Penyidik lalu menganalisis kegiatan di rekening-rekening itu. Aktivitas yang terdeteksi antara lain dana keluar untuk memberangkatkan 14 ribu jemaah umrah. Selain itu, ada dana yang keluar untuk asuransi dan dana keluar untuk hal lainnya yang nominalnya tidak disebutkan Polri.

Ada juga transaksi dana keluar untuk membeli properti, seperti rumah, kantor, dan mobil, serta dana yang keluar untuk pergelaran fashion show di New York, yang diikuti Anniesa Hasibuan, termasuk investasi restoran di London, Inggris. Namun polisi belum mengumumkan hasil penghitungan akhir terhadap rekening-rekening itu.

Berikut ini aset-aset bos First Travel yang terlacak:

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed