DetikNews
Rabu 30 Agustus 2017, 22:50 WIB

Hipnotis Ibu-ibu di Pademangan, Perempuan Ini Ditangkap Polisi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Hipnotis Ibu-ibu di Pademangan, Perempuan Ini Ditangkap Polisi Pelaku hipnotis di Pademangan Jakut ditangkap. (Foto: dok. Polres Jakarta Utara)
Jakarta - Reni Ilastama (33) ditangkap polisi. Ibu rumah tangga ini diduga melakukan penipuan dengan modus hipnotis.

"Pelaku mendatangi korban dengan maksud mengadakan halalbihalal dan santunan anak yatim di Ancol. Lalu pelaku meminta korban melepas semua perhiasannya dan dimasukkan ke dalam tas," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Dwiyono lewat keterangannya, Rabu (30/8/2017).

Ada tiga perempuan yang jadi korban pelaku. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (15/8) di sebuah rumah makan di sebuah mal di kawasan Pademangan, Jakut.

Pelaku bersama tiga korbannya pergi ke lantai empat mal tersebut. Setelah itu, pelaku meninggalkan ketiga korbannya.

"Setelah sampai di lantai empat, pelaku meminta izin ada keperluan dan meninggalkan korban. Lalu pelaku mengambil tas korban dan melarikan diri dengan membawa tas," ujarnya.

Pelaku lalu ditangkap di rumah kontrakannya. Reni sempat berkilah bekerja sama dengan pelaku lainnya untuk menjual perhiasan milik para korban.

"Dia mengaku hanya mendapatkan bagian senilai Rp 13 juta. Pelaku mengaku tidak mengetahui tempat menjual perhiasan korban," ucap Dwiyono.

Namun, setelah dikonfrontasi dengan korban, pelaku mengakui perbuatannya. Barang bukti yang dikumpulkan polisi dalam kasus ini ialah dua lembar kuitansi pembelian perhiasan.

"Pelaku pernah diproses hukum pada 2012 di Polres Metro Jakut dalam perkara yang sama. Pelaku disangkakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tutupnya.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed