DetikNews
Kamis 24 Agustus 2017, 15:02 WIB

WNI Asal NTT Ditangkap di Nigeria, Kemlu Beri Bantuan Hukum

Denita Matondang - detikNews
WNI Asal NTT Ditangkap di Nigeria, Kemlu Beri Bantuan Hukum Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan pemerintah memberikan bantuan hukum terhadap WNI asal NTT, Frederik Fatin Oemenu. Frederik ditangkap di Nigeria atas tuduhan terlibat dalam penyelundupan minyak.

"Tentu sudah menjadi SOP apabila ada WNI yang tersangkut hukum tentu negara akan hadir. Kita akan urus perlindungan dan bantuan," ujar Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir (Tata) di kantornya, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

Informasi ditangkapnya Frederik diterima KBRI dari Economic and Financial Crime Commission (EFCC) Nigeria. Frederik ditangkap di kapal milik perusahaan Yunani.

"Ini engineer di kapal yang dituduh penyelundupan minyak ilegal," sambung Tata.

Menurut Tata, Frederik tak tahu menahu kapal yang ditumpanginya diduga terlibat kasus yang disangkakan. "WNI itu tak mengetahui apa yang dilakukan kapal itu. Kita harapkan kasus ini bisa diselesaikan secepatnya," imbuhnya.

Tim dari KBRI, menurut Tata, langsung menemui Frederik di tahanan. Kondisi Frederik disebut Tata baik dan mendapat perlakuan manusiawi.

"Saat ini KBRI terus melakukan bantuan hukum jika dibutuhkan dan kita tetap komunikasi dengan pihak EFCC," katanya.
(fdn/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed