DetikNews
Sabtu 19 Agustus 2017, 09:50 WIB

KPU Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilu 2019

Audrey Santoso - detikNews
KPU Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilu 2019 Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 (Audrey Santoso/detikcom)
Tangerang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar 'Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara' pagi ini. Acara tersebut digelar untuk evaluasi sekaligus persiapan Pemilu Serentak 2019.

Simulasi digelar sejak pukul 07.00 WIB di lapangan sepakbola Kelurahan Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten. Berdasarkan pantauan detikcom pada pukul 08.00 WIB, sebagian besar masyarakat berpartisipasi dalam simulasi ini. Mereka yang namanya ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 14 Kelurahan Sindang Sono mengikuti prosedur pemungutan suara layaknya pemilu sungguhan.

"Sebetulnya kita ingin mencari apa saja yang perlu kita diperbaiki dalam proses pemungutan dan penghitungan suara," kata Komisioner KPU Ilham Saputra kepada wartawan di lokasi, Sabtu (19/8/2017).

Simulasi nasional penghitungan dan pemungutan suara Pemilu 2019Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Tangerang (Audrey Santoso/detikcom)

Ilham menerangkan hal yang perlu diperhatikan KPU sebagai bahan kajian menyusun Peraturan KPU (PKPU) adalah pengiriman logistik dan proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Dalam Pemilu Serentak 2019, KPU akan menyediakan 5 bilik suara.

"Masyarakat siap tidak sih dalam memilih 5 calon? Sebelumnya kan 4 yang mereka pilih. Kita ingin tahu berapa lama mereka di TPS sehingga kita bisa mengantisipasi kira-kira dari jam 7 (pagi) sampai jam 1 (siang) paling proper berapa orang per-TPS," ujar Ilham.

"Biar kita bisa atur dalam PKPU, per-TPS tuh berapa orang sebetulnya yang tepat untuk pileg, pilpres 2019," lanjut Ilham.

Acara ini sekaligus mensosialisasi kotak suara transparan untuk Pemilu 2019. "Kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham bagaimana cara memilih di pileg, pilpres, yang dilaksanakan 2019. Kita juga mau kasih tahu itu ada kotak transparan," tutur Ilham.
(aud/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed